Wujud-wujud dari Kebudayaan

Wujud-wujud dari Kebudayaan

Wujud-wujud dari Kebudayaan

Wujud-wujud dari Kebudayaan
Wujud-wujud dari Kebudayaan

a. Gagasan (Wujud ideal)

Adalah suatu ringkasan yang berbentuk kumpulan ide-ide, nilai-nilai, norma-norma sosial, peraturan yang bersifat tidak bisa disentuh (abstrak)
   b. Aktivitas (tindakan)
Adalah suatu tindakan yang berasal dari dalam individu itu sendiri. Dimana seluruh aktifitas manusia yang saling berinteraksi satu dengan yang lainnya, bergaul dengan yang lainnya berdasarkan tata adat masing-masing individu. Hal ini bersifat sangat nyata dapat disentuh, karena pada dasarnya aktifitas seperti itu dapat kita rasakan sehari-hari dan dapat kita lihat setiap saat, juga dapat kita abadikan.
   c. Artefak (karya)
Adalah hasil fisik dari kegiatan, perbuatan, serta karya seseorang. Dimana dapat berupa hal-hal yang dapat kita rasakan, lihat, dan di abadikan. Hal ini bersifat paling nyata dari keseluruhan wujud-wujud kebudayaan.

Orientasi Nilai Kebudayaan

    – Hakikat hidup manusia
Hidup saling berinteraksi satu dengan yang lain, untuk mempermudah individu dalam melakukan aktifitas dan kelangsungan hidupnya.
    – Hakikat karya manusia
Manusia hidup memiliki karya masing-masing yang sudah tertanam di dalam diri mereka, dengan karya dapat menjadikan seseoarang terhormat dan disegani.
    – Hakikat waktu manusia
Didalam kehidupan manusia pasti sudah memiliki acuan ke  masa depan, agar tidak tertinggal dengan masa-masa yang lampau.

    – Hakikat alam manusia

Pada dasarnya manusia diciptakan untuk saling memenuhi satu sama yang lainnya, begitu pula dengan alam. Manusia diwajibkan untuk melindungi serta melestarikan alam sebagaimana mestinya. Namun manusia kini mulai menghabisi alam-alam disekitar dengan mengeksploitasi alam besar-besaran yang pada akhirnya menimbulkan becana untuk manusia itu sendiri.

    – Hakikat hubungan manusia

Hubungan manusia yang satu dengan yang lain sangat lah erat, jadi didalam bersosialisasi diperlukan adanya komunikasi yang baik dengan yang lain, demi menjaga keutuhan hidup.