Tujuan dan Manfaat Penelitian

Tujuan dan Manfaat Penelitian

Tujuan dan Manfaat Penelitian

Tujuan dan Manfaat Penelitian
Tujuan dan Manfaat Penelitian

Beberapa peneliti biasa menempatkan kedua hal ini dalam satu bagian yang sama. Namun, beberapa peneliti lain membedakan atau menyajikan dalam bagiannya sendiri-sendiri.

Tujuan penelitian
Tujuan penelitian merupakan rumusan masalah dalam bentuk kalimat pernyataan.

Tujuan penelitian juga sangat berkaitan dengan kesimpulan. Bila masalah penelitian merupakan hal yang dipertanyakan dan tujuan penelitian merupakan jawaban yang ingin dicari, maka kesimpulan merupakan jawaban yang diperoleh.

Manfaat penelitian
Manfaat penelitian merupakan kegunaan nyata dari hasil yang akan dicapai melalui sebuah penelitian. Misalnya, membantu pemerintah menemukan alternatif kebijakan yang lebih bagus. Selain bersifat praktis, manfaat penelitian juga bersifat teoretis. Misalnya, menambah khasanah pengetahuan.

Landasan Teori
Istilah landasan teori oleh beberapa peneliti disamakan dengan istilah tinjauan kepustakaan. Landasan teori merupakan telaah masalah penelitian berdasarkan teori-teori atau bacaan-bacaan. Landasan teori merupakan dasar teoretis bagi penulis untuk menjawab masalah penelitian.

Agar memiliki pengetahuan yang luas terhadap masalah penelitian, seorang peneliti haruslah membaca berbagai bacaan yang relevan dengan penelitian, mulai dari konsep-konsep tentang variabel penelitian hingga ke metodologi penelitian, seperti jenis penelitian, teknik pengumpulan data, teknis analisis data, dan sebagainya. Bacaan-bacaan tersebut akan sangat membantu peneliti dalam melakukan penelitian dengan benar.

Beberapa jenis penelitian tidak memerlukan landasan teori yang kuat, seperti jenis penelitian eksplorasi. Jenis penelitian ini membangun teori pada saat pelaksanaan penelitian. Hal ini disebabkan karena penulis tidak memiliki pengetahuan yang cukup tentang masalah penelitian.

Pada bagian landasan penelitian, ada kalanya dimasukkan pula bagian definisi konsep dan definisi operasional. Maksudnya adalah agar pembaca lebih memahami alur penelitian tersebut. Definisi konsep adalah definisi dari variabel-variabel yang ingin diteliti. Definisi operasional adalah operasionalisasi dari definisi konsep. Definisi operasional merupakan penjabaran dari variabel-variabel yang ingin diteliti sehingga variabel tersebut dapat diukur. Contohnya, penelitian tentang tingkat kedisiplinan siswa laki-laki dan perempuan di Jakarta.

Sumber : https://forbeslux.co.id/