Tsunami Awan di Sydney Australia

Tsunami Awan di Sydney Australia

Tsunami Awan di Sydney AustraliaTsunami Awan di Sydney Australia

Selama beberapa hari terakhir, media sosial dibanjiri dengan foto-foto gulungan awan yang luarbiasa dibawah ini yang digambarkan sebagai “tsunami awan” memukul pantai New South Wales, Australia. Awan menakjubkan yang panjangnya beberapa kilometer yang menyapu Sydney pada Jumat pekan lalu sebenarnya adalah jenis awan rak atau shelf cloud.

Shelf cloud secara teknis adalah awan arcus – awan rendah, horisontal, berbentuk baji

– yang membentuk di dasar awan lain, biasanya awan badai, seperti dalam kasus ini. Ketika hujan dari badai datang secara vertikal ke bawah, hujan tersebut menyeret udara bersamanya, yang menyebar di seluruh permukaan tanah menciptakan tepi terdepan yang disebut embusan depan. Aliran keluar ini memotong di bawah udara hangat yang ditarik ke atas badai. Saat udara dingin yang lebih rendah mengangkat udara lembab yang hangat, air mengembun, menciptakan awan yang tergulung dengan angin yang berbeda di atas dan di bawahnya. Sebuah awan rak memiliki gerak naik di tepi muka, sementara bagian bawah sering muncul bergejolak dan pecah berangin.

The Australian Bureau of Meteorology telah mengeluarkan peringatan badai yang parah saat awan ini mencapai daratan sore hari. Warga diperingatkan akan datangnya hujan es besar, hujan deras, dan angin yang merusak dan diminta untuk menjauhi jaringan listrik, pohon-pohon dan saluran air. Namun peringatan tersebut tidak membuat warga keluar untuk mengagumi pemandangan spektakuler dari awan ini.

“Orang-orang berada di jalan-jalan untuk merekam dan mengabadikan pembentukan awan yang luar biasa ini,” kata seorang saksi mata CNN.

 

Sumber: https://student.blog.dinus.ac.id/handay/materi-teks-laporan-percobaan/?fbclid=IwAR3R_C_m7PE8Ti0Ke0oGqJcq7diyfgjG_dPOvATvWpA1w2mI_khD54qlbOA