TOKOH-TOKOH INTERNET

TOKOH-TOKOH INTERNET

TOKOH-TOKOH INTERNET

TOKOH-TOKOH INTERNET

Dalam kemunculan internet ke dunia tentu ada peran beberapa tokoh penting. Pasalnya, ide internet tak mungkin lantas muncul jika bukan karena pemikiran seseorang. Beberapa tokoh yang ada turut menentukan bagaimana sejarah internet terjadi. Berikut beberapa tokoh yang berperan dalam dunia internet.

1. CLAUDE SHANNON

Claude Shannon dikenal sebagai bapak teori informasi modern. Ia menelurkan sebuah makalah pada 1948 yang berjudul “Sebuah Teori Matematika Komunikasi”. Hasil kerja Shannon itu mendasari fondasi internet.

2. PAUL BARAN

Paul Baran berperan dalam pengembangan dan penggambaran arsitektur data untuk jaringan komunikasi packet-switched yang pada perkembangannya akan menjadi dasar arsitektur internet.

3. BOB TAYLOR

Bob Taylor meyakinkan Departemen Pertahan Amerika Serikat untuk mengembangkan jaringan komunikasi yang kemudian dikenal dengan nama ARPANET. ARPANET lantas menjadi cikal bakal internet yang berkembang saat ini.

4. DOUGLAS ENGLEBART

Englebart adalah peneliti Stanford Univesity yang mengembangkan pusat jaringan informasi universitas tersebut. Pusat Jaringan tersebut pada perkembangannya menjadi database daftar setiap website internet.

5. LARRY ROBERTS

Larry Roberts adalah ilmuwan yang memimpin pengembangan proyek ARPANET. Roberts mendirikan Telenet, packet-Switched jaringan pertama penyedia dan prekusor untuk perusahaan.

6. VINT CERF

Vint Cerf membantu dalam membantu merancang protokol TCP/IP bersama Bob Kahn. Selain soal TCP/IP, Vint Cerf juga mendirikan komunitas Internet Society dan ICANN (Internet Corporation for Assigne Name and Numbers), yang kelanjutannya sebagai dasar tentang bagaimana internet diatur.

7. PAUL MOCKAPETRIS

Paul Mockapetris bersama tokoh lainnya bernama Jon Postel mengembangkan dan merencanakan Domain Server Name (DNS). DNS adalah nama untuk mengingat sebuah website yang tersemat di belakang alamat website seperti dot com.

Selain 7 tokoh diatas, masih banyak tokoh internet dunia lainnya yang berperan dalam pengembangan internet di dunia hingga akhirnya bisa dinikmati seperti saat ini. Seperti pengembang aplikasi dan beberapa jaringan yang mempermudah perkembangan internet modern.


Sumber: https://www.loljam.com/driving-zone-apk/