Teknik Pivot

Teknik Pivot

Seperti namanya pivot berarti tumpuan, teknik pivot biasanya digunakan untuk melakukan gerak tipu yaitu dengan cara mengerakkan badan dengan tumpuan salah satu kaki dengan kedua tangan yang menjaga bola dari lawan.

4. Teknik Shooting

Dalam basket tentu saja kamu memerlukan shooting / tembakan langsung ke ring untuk mencetak poin. Ada banyak cara untuk melakukan teknik shooting, diantaranya :
– Menembak dengan teknik set shoot(posisi berdiri diam ditempat) dengan satu tangan
– Menembak dengan teknik set shoot dua tangan
– Menembak dengan teknik jum shot ( disertai dengan lompatan)
– Menembak dengan teknik lay up ( gerakan lari, langkah dan meloncat)


5. Teknik Rebound

Teknik rebound merupakan teknik dasar permainan bola basket yang bisa membuat tambahan poin dari lemparan temanmu yang gagal. Teknik ini bisa sebagai strategi tipuan atau memanfaatkan lemparan bola yang memantul dari papan pantul untuk dimasukkan kedalam ring. Dengan melompat tinggi pada saat bola memantul dari papan pantul bisa menambah 2 poin untuk tim.

Peraturan permaian Bola Basket

–          Pergantian pemain bola basket

cara pergantian pemain:

Pemain yang akan pengganti akan melapor kepada pengawas meja, yang selanjutnya disampaikan kepada wasit tiga. Wasit akan memberikan aba-aba dengan tanda yaitu tangan menyilang sebagai tanda jika ada pergantian pemain.

Pemain yang mengganti harus menunggu pemain yang akan diganti dipinggir atau luar lapangan, setelah pemain yang diganti keluar, maka pemain pengganti segera memasuki arena.

Tidak ada batasan dalam pergantian pemain.

–            Peraturan 3 detik

Merupakan suatu aturan dimana seorang pemain penyerang tidak diperbolehkan berdiri berada daerah bersyarat selama 3 detik. Peraturan 3 detik gugur jika:

–          Terjadi tembakan atau shot

Merupakan suatu aturan kesempatan untuk pemain menyelesaikan tembakan jika bola telah dikuasai oleh pemain penahan

–          Peraturan 8 detik

Merupakan suatu aturan Regu yang menguasai bola tidak dibolehkan untuk memainkan bola lebih dari 8 detik di dalam lapangan bertahan  tepatnya belakang.

–          Peraturan 24 detik

Merupakan suatu aturan pelanggaran teerjadi ketika melakukan serangan lebih dari 24 detik (NBA) atau 30 detik (FIBA) yaitu sebelum bola menyentuh ring atau papan ring.

–          Jump ball

Merupakan suatu aturan Bola yang dilemparkan ke udara oleh wasit dan dua orang pemain basket dari masing-masing tim saling berebut untuk mendapatkan bola. Peraturan Jump ball ini dilakukan untuk mengawali sebuah permainan atau ketika terjadi pelanggaran dan wasit ragu-ragu akan memberikan bola kepada tim mana.

–          Free throw

Merupakan suatu aturan peraturan tembakan bebas. Jika ada pelanggaran kemudian dilakukan tembakan bebas atau free throw. Setiap bola masuk akan mendapatkan 1 point/ nilai.

–          Side ball

Merupakan suatu aturan Bola yang berada di samping lapangan, dan itulah disebut bola mati

–          Technical foul

Merupakan suatu aturan Kesalahan teknik (technical foul) adalah mengabaikan teguran para wasit atau menggunakan taktik tidak sportif serta meninggalkan sopan santun.

–          Time out

Merupakan suatu aturan dimana kedua tim berhak untuk meminta penghentian waktu permainan (waktu jeda). Kedua tim tersebut mempunyai hak untuk memintak waktu jeda maksimal sebanyak 3 kali, dengan waktu jeda adalah 30 detik.

–          Double

Merupakan suatu aturan Pelanggaran yang terjadi karena si pemain mendriblle bola kembali setelah berhenti melakukan dribble.

–          Back ball

Merupakan suatu aturan Pemain yang berada di bagian depan menerima atau sedang menguasai bola, tidak diperkenankan mendrible atau mengoper bola ke arah belakang (lapangannya sendiri). Hukumannya adalah lemparan ke dalam.

–          Rebound

Merupakan suatu aturan terjadi saat pemain melakukan pengulangan tembakan atas bola yang gagal masuk ke dalam keranjang.

–          Travelling

Merupakan suatu aturan Sebuah pelanggaran dilakukan seorang pemain yang tidak mendribble bola dalam 3 langkah saat lari maupun berjalan.

Sumber: https://officialjimbreuer.com/