Syi’ah Ghulat

Syi’ah Ghulat

Asal-usul Penamaan Syiah Ghulat

Istlah Ghulat berasal dari kata ghala-yaghlu-ghuluw artinya bertambah dan naik.Ghala bi ad-dinartinya  memperkuat dan menjadi ekstrim sehingga melampaui batas. Syiah ghulat adalah klompok pendukung Ali yang memiliki sikap berlebih-lebihan atau ekstrim. Lebih jauh menurut Abu Zahra adalah kelompok yang menempatkan Ali pada derjat ketuhanan atau kenabian bahkan lebih dari nabi Muhammad SAW.

Gelar Ghuluw diberikan karena pendapat yang janggal, yakni ada beberapa orang yang dianggap tuhan dan juga ada yang dianggap Rasul setelah Nabi SAW, dan ada jga doktrin ekstrim lainnya seperti tanasukh, hulul, tasbih,dan  ibaha.Pada dasarnya sekte yang dibawa oleh Abdullah bin Saba’ ini terdapat banyak sekte karena perbedaan prinsip yang mendasar bagi pengikut, namun prinsip faham ini pada dasarnya dipengaruhi oleh sistem agama Babilonia Kuno yang ada di Irak, seperti  Zoroaster, Yahudi, Manikam, Mazdakisme.

  1. Doktrin-doktrin Syiah Ghulat

Mnurut Syahrastani, ada empat doktrin yang membuat mereka ekstrim, yaitu tanasukh, bada’, raj’ah,dan tasbih. Moojan momen menambahkannya dengan hulul dan ghayba. Tanasukhadalah keluarnya roh dari satu jasad dn mengambil tempat pada jasad yang lain, faham ini diambil dari falsafah Hindu. Bada’  adalah keyakinan bahwa Allah mengubah kehendaknya dengan perubahan ilmu-NYA, serta dapat memerintahkan suatu perbuatan kemudian memerintah yang sebaliknya. Raj’ah ada hubungannya dengan Mahdiyah. Syiah Ghulat mempercayai bahwa imam Mahdi Al-Muntazhar akan datang kebumi, faham ini merupakan ajaran seluruh Syiah. Namun, mereka berbeda pendapat siapa yang akan kembali, sebagian meyakini bahwa yang akan kembali adalah Ali, sedangkan sebagaian lainnya menyatakan Ja’far As-Shadiq, Muhammad bin Al-Hanafi, bahkan ada yang menyatakan  Mukhtar Ats Tsaqafi.Tasbih artinyamenyerupakan atau mempersamakan. Syiah Ghulat menyerupakan salah seorang imam mereka dengan tuhan , atau tuhan dengan makhluk. Hulul artinya Tuhan berada pada setiap tempat, berbicara dengan semua bahasa, dan ada pada setiap individu manusia. Hululbagi Ghukat berarti tuhan menjelma dalam diri imam sehingga imam harus disembah. Ghayba (occultation) artinya menghilangnya Imam mahdi. Ghayba merupakan kepercayaan Syiah bahwa imam mahdi itu ada dalam negeri  inidan tidak dapat dilihat dengan mata biasa. Konsep Ghaybapertama kali dikenalkan oleh Mukhtar Ats Tsaqafi ketika mempropagandakan  Muhammad bin Al-Hanafi sebagai Imam Mahdi di Kuffah pada tahun 66H/686M.

Sumber :

https://menitpertama.id/faces-of-illusion-apk/