Selamat Datang Epos Antroposen

Selamat Datang Epos Antroposen

Selamat Datang Epos Antroposen

Selamat Datang Epos Antroposen
Selamat Datang Epos Antroposen

MASIFNYA pengaruh manusia terhadap alam semakin kuat. Ilmuwan mendeklarasikan Bumi sudah memasuki era baru dari epos holosen yakni epos antroposen.

Demikian rekomendasi yang disodorkan para ahli yang tergabung dalam Kelompok Kerja Antroposen (AWG) pada Kongres Geologi Internasional (IGC) ke-35 di Cape Town, Afrika Selatan, dua pekan lalu. Antroposen, menurut AWG, ialah epos geologis baru yang menandakan dominasi efek manusia terhadap Bumi.

Gejala utamanya berupa perubahan besar pada lingkungan bersamaan

dengan peningkatan pesat populasi manusia pada pertengahan Abad ke-20. Perubahan itu mengakibatkan percepatan tingkat erosi serta sedimentasi, pemanasan global, pergeseran unsur kimia, dan organisme.

Epos holosen, dalam skala waktu geologi merupakan zaman es sejak 12 ribu tahun lalu kala peradaban manusia dalam tahap perkembangan. Namun, kemajuan pesat peradaban melalui industrialisasi 200 tahun lalu, kata ilmuwan, menyebabkan percepatan tingkat emisi karbon dioksida, penaikan permukaan laut, kepunahan spesies secara massal, dan deforestasi.

“Konsep antroposen memasukkan perubahan lingkungan.

Ada tanda-tanda nyata yang menjadikannya sebuah unit (skala waktu) yang khas,” kata Colin Waters, peneliti British Geological Survey yang juga Sekretaris AWG. Jan Zalasiewicz, ahli palaeobiologi di University of Leicester, Inggris, mengatakan level karbon dan nitrogen pada atmosfer sebenarnya relatif stabil sebelum momen ‘akselerasi hebat’ yang terjadi pada 1950-an.

“Setelah itu, seluruh sistem Bumi terkena dampaknya.”

Agar bisa menyodorkan skala waktu geologi baru, peneliti harus menemukan bukti

yang sifatnya global. Tak hanya itu, temuan juga harus dipastikan mengendap dalam bentuk sedimentasi dan fosil agar bisa ditemukan di masa mendatang. Misalnya, seperti jatuhnya meteor 66 juta tahun lalu pada periode kapur yang meninggalkan sedimen iridum di Bumi dan mengakhiri spesies dinosaurus. Artinya, syarat sebuah era geologis baru ialah kurun waktu yang panjang. Unit waktu geologis epos biasanya berlangsung selama puluhan juta tahun.

 

sumber :

https://uberant.com/article/728918-tower-of-darkness-apk/