PERKEMBANGAN INTERNET

PERKEMBANGAN INTERNET

PERKEMBANGAN INTERNET

PERKEMBANGAN INTERNET

Setelah muncul, internet terus dikembangkan oleh peneliti dari berbagai sisi. Beberapa teknologi baru pun ditemukan tahun demi tahun. Jika diringkas beberapa tahapan perkembangan internet bisa di lihat seperti daftar berikut ini.

1. PELUNCURAN ARPANET PADA 1969

Seorang ilmuwan bernama Lawrence G. Roberts yang bekerja sama dengan komunitas yang dibiayai sebuah badan yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat bertugas mengembangkan proyek teknologi baru untuk militer.

Kerja sama ilmuwan dan komunitas itu akhirnya bisa memperbaiki salah satu komponen dalam ARPANET yakni paket switching. Pada tahun 1969, jaringan komputer bernama ARPANET pun diluncurkan.

2. SISTEM EMAIL PADA 1971

Surat menyurat secara elektronik atau yang kini kita sebut email, mulai ditemukan sebagai bagian dari pengembangan teknologi pada tahun 1971-an. Ilmuwan bernama S.Cocker dan timnya merintis proyek Host-to-Host protokol ARPANET yang kemudian berkembang menjadi NCP (NetworkControl Protocol) yang kemudian teraplikasi di website.

Perkembangan proyek itu menjadi awal mula ditemukannya surat elektronik atau email. Orang yang pertama menggunakan sistem surat elektronik itu adala seorang progamer bernama Ray Tomlinson.

Pada 1972 proyek ARPANET mulai dikenalkan secara publik. Koalisi Bolt, Beanet and Newman (BNN) terpilih menjadi kontraktor ARPANET yang mulai dikomersilkan. Dari situlah muncul Telenet yakni versi komersial yang melayani paket data secara publik untuk pertama kalinya.

3. ISTILAH INTER-NETWORKING MUNCUL TAHUN 1974

Inter-networking atau disingkat internet dipopeulerkan oleh dua orang bernama Vint Cerf dan Bob Khan. Dua orang itu pada kelanjutannya disebut sebagai bapak internet dunia. Keduanya menulis sebuah jurnal dengan judul A Protocol dor Packet Network Interconnection.

4. ADANYA JARINGAN LAN TAHUN 1976

Jaringan LAN atau yang disebut jaringan komputer mencakup wilayah kecil (Local Area Network) mulai muncul pada tahun 1976 dan digunakan oleh ratu Inggris, Elizabeth II. Ratu Britania Raya itu menggunakan LAN untuk mengirimkan email.

Seiring berkembangnya tahun tercatat sekitar 111 komputer telah tergabung dengan ARPANET pada tahun 1977. Selang 3 tahun kemudia, ditemukanlah penggunaan internet untuk menyiarkan berita dan grup diskusi. Dari situlah muncul komputer pribadi untuk khalayak umum.

5. MUNCULNYA TCP/IP PADA 1982

Sejarah internet masih berlanjut. IP atau Internet Protocol tentu tak asing di telinga para pengguna internet. IP merupakan bahasa komunikasi dasar protolol untuk menyesuaikan transfer data antar PC di dunia. TCP/IP ditemukan pada 1982 yang kemudian pada setahun kemudian semakin berkembang dan ditemukanlah Domain Name System (DNS).

Domain Name System atau sistem domain nama adalah nama untuk mengingat sebuah website yang kini bisa kita lihat di akhir alamat website seperti dot edu (.edu) dot org (.org) dan lain sebagainya.


Sumber: https://girlsgames123.co.id/the-ark-of-craft-apk/