Perbedaan Teknik Informatika, Sistem Informasi, dan Sistem Komputer

Perbedaan Teknik Informatika

Perbedaan Teknik Informatika, Sistem Informasi, dan Sistem Komputer

Perbedaan Teknik Informatika
Perbedaan Teknik Informatika

Teknik Informatika, Sistem Informasi, dan Sistem Komputer.

Apa sih bedanya, semuanya kan tentang kompter? Mungkin pertanyaan ini akan muncul ketika seseorang sedang ingin menentukan program studi di perguruan tinggi.  Teman saya pun banyak yang bertanya  tentang hal ini. Baiklah. Saya akan mencoba menjelaskan satu per satu tentang ketiga hal tersebut.

 

Teknik Informatika (TI)

Informatika adalah suatu disiplin ilmu yang menangani proses analisis, perancangan dan implementasi software serta pemilihan hardware yang sesuai bagi suatu aplikasi menggunakan prinsip logika dan teknik algoritma, yang secara efisien mentransformasikan problem dunia nyata ke dalam bentuk solusi.

Menurut blog.amyunus.com sebenarnya Teknik Informatika dan Ilmu Komputer itu sama pada intinya. Hanya berbeda istilah saja. Istilah Ilmu Komputer berasal dari Amerika, sedangkan istilah Teknik Informatika berasal dari Eropa.

Berdasarkan definisi Informatika di atas, Teknik Infornatika/Ilmu Komputer mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan computer, terutama dalam bidang software/perangkat lunak. Nah, kalau hardware/perangkat keras yang jadi bidang utamanya itu disebut Teknik Komputer.

Jadi, seorang sarjana lulusan Teknik Infornatika/Ilmu Komputer  memiliki kemampuan untuk merancang dan mengembangkan perangkat lunak yang canggih untuk menyelesaikan permasalahan yang rumit. Mereka jugalah yang senantiasa menemukan inovasi baru di bidang ilmu komputer.

 

Sistem Informasi (SI)

Apa sih yang dipelajari pada Sistem Informasi? Sebenarnya Sistem Informasi itu mempelajari dasar-dasar bidang TI, namun SI juga mempelajari tentang dasar-dasar bidang bisnis dan manajemen. Jadi permasalahan-permasalahan di bidang bisnis dapat diselesaikan dengan adanya Teknik Informatika oleh seorang analis sistem atau pakas sistem informasi.

Menurut bacaan yang say abaca disini, seorang sarjana Sistem Informasi menjembatani manajemen dan pengguna di sisi bisnis dengan para ahli teknologi informasi dengan cara menerjemahkan kebutuhan bisnis/pengguna secara akurat ke dalam rancangan dan spesifikasi teknis sesuai dengan standar yang berlaku di industri teknologi informasi.

Jadi seorang sarjana Sistem Informasi harus dapat menjelaskan bidang IT beserta istilah-istilahnya di depan orang-orang bisnis. Demikian pula sebaliknya.

 

Sistem Komputer (SK)

Seorang sarjana Sistem Komputer adalah seseorang yang mampu merancang, menganalisis, mengimplementasikan, meningkatkan kinerja serta mengelola sistem komputer atau aplikasi berbasis mikroprosesor dan komputer dengan menggunakan teknologi yang ada untuk keperluan komersial dengan memanfaatkan pengetahuan basic science, keterampilan rekayasa, penguasaan teknologi terkini dan analisis tekno ekonomi.

Menurut wikipedia, Sistem Komputer itu merupakan satu gabungan perisian dan perkakasan komputer yang memproses data secara bermakna.

Nah, sekarang sudah jelaskan perbedaan antara Teknik Informatika, Sistem Informasi, dan Sistem Komputer. Semoga bermanfaat ya. J kalau ada yang kurang jelas bisa kunjungi situs yang ada pada referensi di bawah ini.

Sumber : https://pendidikan.co.id/