Pengertian VGA Card & Jenis Memori Berbasis Kartu VGA

Pengertian VGA Card & Jenis Memori Berbasis Kartu VGA

Pengertian VGA Card & Jenis Memori Berbasis Kartu VGA

Pengertian VGA Card & Jenis Memori Berbasis Kartu VGA
Pengertian VGA Card & Jenis Memori Berbasis Kartu VGA

Pengertian VGA Card atau graphics card

adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk memproses dan menerjemahkan data grafis komputer ke layar. Kartu VGA ini memiliki Graphics Processing Unit (GPU) sebagai prosesor dan juga membutuhkan memori.

Umumnya kartu grafis atau kartu VGA dapat dianggap sebagai komponen penting, dan juga bisa dianggap sebagai komponen yang tidak penting. Hal ini tergantung dari kebutuhan setiap pengguna komputer.

Fungsi VGA Card dianggap tidak penting karena biasanya sudah tertanam langsung pada motherboard (VGA card onboard), jadi jika pengguna komputer hanya menggunakan komputer untuk kegiatan multitasking seperti microsoft office, atau browsing, maka tidak perlu menggunakan Kartu VGA dengan spesifikasi tinggi.

Namun, jika pengguna komputer menggunakannya untuk keperluan gaming dan grafis yang membutuhkan tampilan grafis tinggi, maka kewajiban hukum untuk menggunakan VGA Card ini, bisa menggunakan model ATI atau Nvidia.

Jenis Memori Berbasis Kartu VGA

Tipe VGA Card atau VGA card berdasarkan klasifikasi memori yang digunakan terbagi menjadi beberapa jenis yaitu:

1. Dynamic RAM (DRAM)

VGA Card DRAM biasanya digunakan oleh komputer dengan spesifikasi umum yang tidak terlalu memperhatikan kecepatan tinggi dan pilihan warnanya banyak. Kecepatan DRAM biasanya 80ns / 70ns disematkan pada kartu VGA 8 bit, 16 bit atau 32 bit.

2. EDO RAM

VGA Card EDO RAM biasanya digunakan pada komputer dengan kartu grafis 64 bit. EDO RAM memiliki kecepatan 60ns-35ns yang disematkan di Winfast s280 / 2600 VGA Card 3D, Diamond Stealth 2000 3D, ATi Mach 64 dan lainnya.

3. SGRAM (VRAM)

VGA Card Synchronous Graphic RAM (SGRAM) biasanya digunakan oleh komputer dengan kartu grafis kelas tinggi, seperti komputer untuk akselerator 3D. Kecepatan SGRAM ini kurang dari 10ns, jadi banyak digunakan pada kartu VGA seperti Matrox MGA Millenium, Matrox Mystique 3D, Diamond Stealth II s220, Diamond Viper, ASUS 3D Explorer, TAI Rage II 3D Pro dan lainnya.

4. RAMBUS

VGA Card RAMBUS biasanya digunakan pada mesin video game seperti Nitendo atau Sega. Jadi, graphics card ini hanya di produksi terbatas oleh Creative Labs seperti MA-302, MA-332 Graphic Blaster 3D dan Graphic Blaster xXtreme.

Baca Juga: