Pengertian Ras Menurut Para Ahli

Pengertian Ras Menurut Para Ahli

Pengertian Ras Menurut Para Ahli

Pengertian Ras Menurut Para Ahli
Pengertian Ras Menurut Para Ahli

Dunn dan Dobshansky

Menurut Dunn dan Dobshansky, Ras yaitu persamaan gen/kateogri individu secara bebuyutan mempunyai ciri-ciri fisik dan biologis tertentu, ras mempunyai pengertian sercara biologis dan fisik tidak termasuk sifat-sifat budanyanya.

Banton (1967)

Menurut Banton, Ras yaitu suatu tandan peran, perbedaan fisik yang dijakdikan dasar untuk menetapkan tugas yang berbeda-beda, pengertian ras ini menyangkut aspek biologis”ciri fisik, warna kulit, bentuk tubuh, dan lain-lain” dan aspek sosial berkaitan tugas dan kebiasaan yang dilakukan.

Chainur Arrasjid (1972)

Menurut Chainur Arrasjid (Dosen Fakultas Hukum USU), Ras yaitu segolongan insan yang mempunyai persamaan sifat-sifat lahir tertentu yang dilanjutkan kepada keturunannya

Daljoeni

Menurut Daljoeni, Ras adalah: Suatu kategori tertentu dari seseorang yang sanggup superior atau inferior yang ditandai oleh karakteristik fisik, menyerupai warna kulit, tekstur rambut, dan lipatan mata.
Pengelompokkan insan berdasarkan karakteristik biologis, misal; kaukasoid, negroid, australoid, dan indian.

Haldane

Menurut Haldane, Ras yaitu suatu kelompok yang aneka macam kesamaan satu set abjad tertentu fisik bawaan dan asal geografis dalam area tertentu itu.

Grosse

Menurut Grosse, Ras yaitu golongan insan yang merupakan satu kesatuan alasannya yaitu kesamaan sifat jasmani dan rohani yang diturunkan sehingga dapa dibedakan dengan kesatuan lain.

Koentjaraningrat

Menurut Koentjaraningrat, Ras yaitu golongan insan yang mengatakan aneka macam ciri badan yang tertentu dengan frekuensi yang besar.

Gill Dan Gilbert

Menurut Gill Dan Gilbert, Ras yaitu pengertian biologis yang menjelaskan sekumpulan orang yang sanggup dibedakan berdasarkan karakteristik fisik yang dihasilkan melalui proses reproduksi.

Kohlbrugge

Menurut Kohlbrugge, Ras yaitu insan yang mempunyai kesamaan ciri-ciri jasmani alasannya yaitu diturunkan, sedangkan sifat-sifat kerohaniannya diabaikan. Dapat disimpulkan bahwa ras yaitu golongan insan dengan ciri fisik yang sama. Para hebat antropologi fisik pada umumnya membagi ras berdasarkan lokasi geografis, ciri-ciri fisik dan prinsip evolusi rasial.

Horton dan Hunt

Menurut Horton dan Hunt, Ras yaitu suatu kelompok insan yang agak berbeda dengan kelompok-kelompok lainnya dalam segi ciri-ciri fisik bawaan. Di samping itu banyak juga ditentukan oleh pengertian yang dipakai oleh masyarakat.

Sumber: https://www.seputarpengetahuan.co.id/2015/06/unsur-unsur-seni-rupa-dan-penjelasannya.html