Pengertian Permaianan Sepak Bola:

Pengertian Permaianan Sepak Bola:

                Sepak Bola asalnya dari dua kata yaitu “Sepak” dan “Bola”. Sepak/meyepak diartikan menendang Dengan menggunakan kaki sedangkan “bola” adalah alat permainan yang berbentuk bulat berbahan karet, kulit atau sejenisnya. Dalam permainan sepak bola, sebuah bola disepak/tendang oleh para pemain.

Jadi Definisi singkat pengertian Sepak bola Ialah sebuah permainan yang dilakukan dengan cara menendang bola yang dilakukan oleh pemain, dengan bertujuan memasukan bola ke gawang lawan dan menendang ke sasaran gawang lawan.



Kejuaraan internasional Terbesar di permainan sepak bola

                Kejuaraan internasional terbesar di permainan sepak bola adalah Piala Dunia yang diselenggarakan oleh Fédération Internationale de Football Association. Piala Dunia diadakan setiap empat tahun sekali. Lebih dari 190 timnas bertanding di turnamen kualifikasi regional untuk sebuah tempat di babak final. Turnamen babak final yang berlangsung selama empat minggu kini melibatkan 32 timnas (naik dari 24 pada tahun 1998).

Kejuaraan internasional yang besar di setiap benua

Kejuaraan internasional yang besar di setiap benua adalah sebagai berikut :
>> Eropa                              : Piala Eropa sering dikenal dengan nama Euro
>> Amerika Selatan         : Piala Amerika Selatan Sering dikenal dengan nama Copa América
>> Afrika                              : Piala Afrika
>> Asia                                 : Piala Asia
>> Amerika Utara            : Piala Emas Sering dikenal dengan nama Piala Emas CONCACAF
>> Oseania                         : Piala Oseania

Ukuran lapangan standar dalam permainan Sepak Bola :
Lapangan yang digunakan biasanya adalah lapangan rumput yang berbentuk persegi empat. Dengan panjang 100>>110 meter dan lebar 64>>75 meter. Pada kedua sisi pendek, terdapat gawang sebesar 24 x 8 kaki, atau 7,32 x 2,44 meter.

Ukuran Bola Sepak Bola Standar FIFA

Lapisan bola berbahan atau bahan lainnya yang sesuai untuk itu (dalam pertandingan Internasional, bahan bola yang berbulu tidak diizinkan). Keliling bola minimal 62 cm dan maksimal 64 centimeter; Berat bola tidak kurang dari 400 gram dan tidak lebih dari 440 gram (ukuran ini berlaku pada saat awal permainan dimulai);

                Tekanan isi bola sama dengan 0,4 – 0,6 dengan atmosfir (400 – 600/cm2) pada permukaan laut. Tidak boleh melambung kurang 50 cm dari permukaan lapangan serta ketika cm ketika dijatuhkan dari ketinggian di atas 2 meter tidak boleh melambung lebih dar 65 centimeter.

Ukuran Bola dalam permainan Sepak Bola Standard International

Bola sepak bola memiliki diameter 68–70 cm dengan berat 410–450 gr. serta memiliki tekanan 8–12 psi, Ketika bola dijatuhkan ke tanah, bola harus memiliki kelembaman sekitar 60 %, yang artinya ketika dijatuhkan 1 meter dari tanah, bola akan memantul balik dengan ketinggian 60 cm.
Warna bola tidak boleh sama dengan lapangan, karena lapangan berwarna hijau,maka tidak boleh menggunakan bola berwarna hijau.  meskipun FIFA tidak mengatur secara resmi tentang warna bola.

Misalnya :

lapangan tertutup salju sehingga berwarna putih,maka digunakan bola berwarna merah atau orange. Lapisan bola harus bercorak,maksudnya tidak polos karena untuk lebih memperjelas penglihatan pemain jika bola terkena efek berputar.

Lama permainan
Lama permainan sepak bola normal adalah 2×45 menit, ditambah istirahat selama 15 menit (kadang>>kadang 10 menit). Jika kedudukan sama imbang, maka diadakan perpanjangan waktu selama 2×15 menit, hingga didapat pemenang, namun jika sama kuat maka diadakan adu penalti.

Lama permainan standar
Sebuah pertandingan dewasa yang standar terdiri dari dua babak yang masing>>masing sepanjang 45 menit. Umumnya terdapat masa istirahat 15 menit di antara kedua babak tersebut.

Taktik dan Strategi dalam Permainan sepak bola
Taktik dan Strategi yang biasa dipakai dalam permainan sepak bola adalah sebagai berikut:
4>>4>>2 (klasik: empat skipper)
4>>4>>2 (dengan dua sayap)
4>>4>>1>>1
4>>2>>4
4>>3>>2>>1
4>>3>>1>>2
4>>5>>1
4>>3>>3
4>>2>>3>>1
4>>3>>3
4>>1>>4>>1
3>>4>>3
3>>5>>2 dengan libero
3>>5>>2 tanpa libero
3>>6>>1
5>>4>>1

 

Baca juga: