Pengertian Iklan, Syarat, Ciri-ciri dan Manfaatnya

Pengertian Iklan, Syarat, Ciri-ciri dan Manfaatnya

Pengertian Iklan, Syarat, Ciri-ciri dan Manfaatnya

Pengertian Iklan, Syarat, Ciri-ciri dan Manfaatnya
Pengertian Iklan, Syarat, Ciri-ciri dan Manfaatnya

Pengertian Iklan

Iklan adalah informasi yang isinya membujuk khalayak banyak atau orang banyak supaya tertarik kepada barang atau jasa yang ditawarkan.

Dengan kata lain, iklan memberitahu kepada banyak orang mengenai barang dan jasa yang dijual, dipasang di media massa seperti koran dan majalah atau tempat-tempat umum.

 Kata iklan berasal dari kata yunani yang artinya menggiring orang-orang kepada gagasan. Pengertian iklan secara lengkap adalah semua wujud aktivitas untuk mendatangkan dan menawarkan ide, barang atau jasa secara bukan personal yang dibayarkan oleh sponsor tertentu.

Secara umum, contoh teks ulasan pada iklan berwujud penyajian informasi nonpersonil tentang suatu produk, merek, perusahaan, atau toko yang dijalankan dengan kompensasi biaya tertentu. Maka dari itu, iklan berupa proses kominikasi yang memiliki tujuan membujuk atau menarik orang banyak untuk mengambil tindakan yang menguntungkan pihak yang membuat iklan.

Ciri-ciri Iklan

  • Kominikatif
  • Informatif
  • Bahasanya mudah dimengerti dan diingat masyarakat
  • Menarik perhatian dan bersifat mengajak penonton atau pembaca untuk membeli/ menggunakan barang atau jasa yang telah diiklankan.

 

Syarat Iklan

  1. Kata dan bahasanya tertata dan tidak memiliki tafsir ganda.
  2. Bahasa yang dipakai menarik dan mudah diingat-ingat oleh masyarakat.
  3. Tidak boleh merendah atau menghina produk sejenis dari perusahaan lain.
  4. Tidak boleh berbohong, harus apa adanya.
  5. Iklan harus dibuat dengan memperhatiakan tata nahasa, etika, sopan santun, target pasar, dan lain-lain.

 

Manfaat Iklan

Seperti yang kita ketahui, iklan sangat berperan dalam aktivitas bisnis. Adapun manfaat iklan yaitu;

  • Produk menjadi lebih terkenal dimata masyarakat
  • Keuntungan yang diperoleh dalam bisnis dapat melonjak naik karena produk dipromosikan
  • Merawat pelanggan
  • Meningkatkan penjualan produk
  • Alat komunikasi langsung
  • Membuka lapangan kerja
  • Memajukan ekonomi
  • Pesan moral