Pengertian Berita, Sifat dan Ciri-ciri Berita yang Baik

Pengertian Berita, Sifat dan Ciri-ciri Berita yang Baik

Pengertian Berita, Sifat dan Ciri-ciri Berita yang Baik

Pengertian Berita, Sifat dan Ciri-ciri Berita yang Baik
Pengertian Berita, Sifat dan Ciri-ciri Berita yang Baik

Pengertian Berita

Berita adalah peristiwa/kejadian yang terkini (aktual). Suatu peristiwa bisa disebut berita apabila sudah dilaporkan. Berita merupakan fakta atau informasi dari peristiwa yang disiarkan. Peristiwa yang masih terserak di lapangan dan belum disiarkan, tidak bisa disebut berita.

Berikut ini beberapa definisi dari kata berita yang mungkin telah mewakili seluruh pendapat yang berkaitan dengan definisi berita;

1. KBBI

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, berita dapat diartikan sebagai sebuah cerita ataupun keterangan yang memuat informasi mengenai berbagai kejadian ataupun peristiwa yang hangat.

2. Anonimous

Berita merupakan laporan peristiwa (fakta) yang disertai dengan pendapat (opini) yang bersifat aktual, penting, dan juga menarik.

Pengertian berita adalah informasi baru yang ditampilkan/disajiakan dalam pembacaan/penulisan yang jelas, menari, dan juga aktual.

Ciri-ciri Berita yang Baik

Beberapa ciri dari berita yang baik, yaitu:

  1. Menarik perhatian. Berita harus menarik perhatian, salah satu tujuannya supaya dapat menarik perhatian masyarakat sehingga masyarakat ingin segera mengetahui isi berita tersebut.
  2. Terkini dan aktual.  Jadi berita harus berisi informasi atau peristiwa terbaru atau yang masih hangat di perbincangakan.
  3. Di percaya. Isi berita harus dapat dipercaya, itulah mengapa berita harus sesuai fakta jadi jangan mengada-ngada.
  4. Jelas dan menggunakan kalimat yang sederhana. Isi berita yang baik yaitu harus jelas jangan berbelit-belit dan kalimat yang digunakannya harus yang sederhana supaya mudah dimengerti.

 

Sifat-sifat Berita

Berita memiliki beberapa sifat, yang diantaranya:

  • Baru atau aktual. Peristiwa yang baru memiliki nilai lebih untuk dijadiakn berita jika dibandingkan dengan peristiwa yang telah terjadi.
  • Penting. Suatu berita akan dianggap penting jika peristiwa atau hal-hal tersebut berpengaruh pada kehidupan masyarakat. Jadi intinya suatu berita itu harus yang dianggap penting oleh masyarakat.
  • Akibat. Suatu peristiwa menjadi berita kerena dapat berakibat atau memiliki dampak.
  • Jarak. Masyarakat atau pembaca akan lebih lebih tertarik dengan peristiwa-peristiwa yang terjadi di sekitar mereka untuk dijadikan berita dari pada peristiwa yang terjadi ditempat jauh.
  • Emosi. Sesuatu akan menjadi berita jika saat dikabarkan akan membuat emosi seperti marah, kecewa, sedih dll. S ifat yang lain misalnya seperti pertentangan, ketegangan, kemajuan atau inovasi dalam segala bidang, humor dan lain sebagainya.

 

Baca Artikel Lainnya: