Pengantar Ilmu Ekonomi

Pengantar Ilmu Ekonomi

Pengantar Ilmu Ekonomi

Pengantar Ilmu Ekonomi

Ilmu ekonomi adalah cara mempelajari tentang kebutuhan manusia. Dan kebutuhan tersebut, terdiri dari :

  1. Kebutuhan Primer

Kebutuhan ini adalah kebutuhan yang sifatnya sangat fundamental terhadap kebutuhan  manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari yaitu :

v                  Tempat tinggal atau Rumah dan pakaian (Sandang)

v                  Makanan dan minuman (Pangan)

v                  Kesehatan dan biologis (Papan)

  1. Kebutuhan Sekunder

Kebutuhan ini adalah kebutuhan kedua setelah kebutuhan Primer, kebutuhan ini terjadi karena adanya nilai atau tingkat kepuasaan terhadap kebutuhan, itu terjadi pada kondisi lingkungan hidup manusia, kebutuhan tersebut adalah:

v                  Pekerjaan

v                  Jabatan

v                  Status sosial

  1. Kebutuhan Tersier

Pada kebutuhan ini tingkat kepuasan kebutuhan manusia mumuncak mengikuti kondisi lingkungan hidupnya yang berkembang mengikuti perkembangan dunia. Kebutuhan tersebut sebagai berikut:

v   Barang mewah

v   Barang antik atau koleksi

  Pendapat saya terkait dengan kebutuhan manusia adalah:

  1. Kebutuhan yang dibutuhkan secara fisik atau primer yaitu: sandang, pangan, papan
  2. Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan yang ditentukan oleh kehidupan lingkungan manusia berada.
  3. Kebutuhan tersier adalah kebutuhan yang hanya dapat dicapai oleh sekelompok manusia saja. Dalam hal ini adalah kelompok maunusia yang pendapat perkapitanya diatas rata-rata.
  4. Kebutuhan masyarakat. Yang dimaksudkan dengan kebutuhan masyarakat adalah keinginan masyarakat untuk memperoleh barang dan jasa. Sebagian barang dan jasa ini di impor dari luar negeri. Tetapi kebanyakan di produksikan di dalam negeri.

Secara umum, subyek dalam ekonomi dapat dibagi dengan beberapa cara, yang paling terkenal adalah mikro ekonomi vs makro ekonomi. Selain itu, subyek ekonomi juga bisa dibagi menjadi positif (deskriptif) dan normatif, mainstream dan heterodox, dan lainnya. Ekonomi juga difungsikan sebagai ilmu terapan dalam manajemen keluarga, bisnis, dan pemerintah. Teori ekonomi juga dapat digunakan dalam bidang-bidang selain bidang moneter, seperti misalnya penelitian perilaku kriminal, penelitian ilmiah, kematian, politik, kesehatan, pendidikankeluarga dan lainnya. Hal ini dimungkinkan karena pada dasarnya ekonomi seperti yang telah disebutkan di atas adalah ilmu yang mempelajari pilihan manusia. Banyak teori yang dipelajari dalam ilmu ekonomi diantaranya adalah teori pasar bebasteori lingkaran ekonomiinvisble handinformatic economydaya tahan ekonomimerkantilismebriton woods, dan sebagainya.

Ada sebuah peningkatan trend untuk mengaplikasikan ide dan metode ekonomi dalam konteks yang lebih luas. Fokus analisa ekonomi adalah “pembuatan keputusan” dalam berbagai bidang dimana orang dihadapi pada pilihan-pilihan. misalnya bidang pendidikan, pernikahan, kesehatanhukumkriminalperang, dan agamaGary Becker dari University of Chicago adalah seorang perintis trend ini. Dalam artikel-artikelnya ia menerangkan bahwa ekonomi seharusnya tidak ditegaskan melalui pokok persoalannya, tetapi sebaiknya ditegaskan sebagai pendekatan untuk menerangkan perilaku manusia.

  1.  Definisi Ekonomi

Kata “ekonomi” sendiri berasal dari kata Yunani οἶκος (oikos) yang berarti “keluarga, rumah tangga” dan νόμος (nomos), atau “peraturan, aturan, hukum,” dan secara garis besar diartikan sebagai “aturan rumah tangga” atau “manajemen rumah tangga.”

Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia di dalam memenuhi kebutuhannya yang relatif tidak terbatas dengan menggunakan sumber daya yang terbatas dan masing-masing sumber daya mempunyai alternatif penggunaan (opportunity cost).

Oleh para ahli, Ilmu ekonomi didefenisikan sebagai ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam memilih dan menciptakan kemakmuran. Inti masalah ekonomi adalah adanya ketidakseimbangan antara keinginan manusia yang tidak terbatas dengan alat pemuas kebutuhan yang jumlahnya terbatas. Permasalahan itu kemudian menyebabkan timbulnya kelangkaan (Ingg: Scarcity).

Ilmu ekonomi dapat juga dikatakan sebagai merupakan cabang ilmu sosial yang mempelajari berbagai perilaku pelaku ekonomi terhadap keputusan-keputusan ekonomi yang dibuat. Ilmu ini diperlukan sebagai kerangka berpikir untuk dapat melakukan pilihan terhadap berbagai sumber daya yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan manusia yang tidak terbatas.

Sumber :

https://nomorcallcenter.id/