Penampakan Pertama Kali dari Paus Omura Hidup

Penampakan Pertama Kali dari Paus Omura Hidup

Penampakan Pertama Kali dari Paus Omura HidupPenampakan Pertama Kali dari Paus Omura Hidup

Untuk pertama kalinya dalam sejarah, ilmuwan berhasil mendokumentasikan spesies ikan paus Omura (Balaenoptera omurai) atau Paus Gembala Laut yang berenang bebas di lautan lepas.

Sudah satu dekade berlalu sejak nama Omura disebut-sebut sebagai salah satu spesies paus dan selama ini, belum ada satu pun foto atau video yang memperlihatkan Omura yang masih hidup.

Beragam laporan terkait Omura hanya didasarkan dari jasadnya saja. Namun dalam sebuah studi di jurnal Royal Society Open Science yang terbit bulan ini, ilmuwan menemukan sekawanan Omura yang berenang bebas di perairan utara Madagaskar.

Selama bertahun-tahun, hanya ada sedikit laporan penampakan paus Omura, dan tidak ada satu pun yang bisa dikonfirmasi. Mereka sepertinya senang beraktivitas di kawasan terpencil dan sulit ditemukan, karena ukurannya relatif kecil antara 10 hingga 11 meter. Meski relatif kecil, Omura masih lebih besar dari Orca dan setara dengan ukuran bus sekolah.

Dari sedikit informasi mengenai habitat dan jangkauannya, paus Omura seharusnya tidak ada di bagian Samudera Hindia. Ini adalah bukti definitif pertama atas paus Omura di alam liar.

Secara total, tim ilmuwan mengobservasi 44 Omura, mengambil 25 foto dan mengoleksi 18 biopsi kulit paus misterius itu.

Sumber: http://blog.ub.ac.id/petrusarjuna/teks-laporan-percobaan/?%20fbclid=IwAR1Qf82yukaxYsvnUlvQbcmeUmCu8MHgTA5FgwrO9TW_1z3uvb6Q2CFXdpc