Pada situasi tidak terjadi bencana

Pada situasi tidak terjadi bencana

Situasi tidak ada potensi bencana yaitu kondisi suatu wilayah yang berdasarkan analisis kerawanan bencana pada periode waktu tertentu tidak menghadapi ancaman bencana yang nyata. Pada situasi ini perlu adanya kegiatan-kegiatan sebagai berikut:

  • Perencanaan penanggulangan bencana
  • Pengurangan resiko bencana
  • Pencegahan pemaduan kedalam perencanaan pembangunan
  • Persyaratan analisi risiko bencana
  • Pelaksanaan dan penegakan rencana tata ruang
  • Pendidikan dan pelatihan
  • Persyaratan standar teknis penanggulangan bencana
  1. b)Pada situasi terdapat potensi bencana

Pada situasi ini dilakukan kegiatan-kegiatan kesiapsiagaan, peringatan dini dan mitigasi bencana.

Kesiapsiagaan adalah perkiraan-perkiraan tentang kebutuhan yang akan timbul jika terjadi bencana dan memastikan sumberdaya untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Sementara peringatan ini dimaksudkan sebagai serangkaian proses pengumpulan dan analisis data yang dilakukan secara sistematis serta diseminasi informasi tentang keberadaan bahaya dan peningkatan keadaan bahaya. Peringatan dini untuk mengantisipasi eskalasi bahaya, mengembangkan strategi tanggapan dan untuk bahan pengambilan keputusan terhadap kemungkinan akan segera terjadi bencana.

Sedangkan mitigasi bencana dimaksudkan untuk mengurangi risiko yang ditimbulkan oleh bencana (jika terjadi bencana). Kegiatan mitigasi bencana memfokuskan perhatian pada pengurangan dampak ari ancaman sehingga akan mengurangi kemungkinan dampak negatif bencana. Kegiatan mitigasi meliputi upaya-upaya peraturan dan pengaturan, pemberian sanksi dan penghargaan untuk mendorong perilaku yang tepat, dan upaya-upaya penyuluhan serta penyediaan informasi untuk memberikan kesadaran an pengertian kepada manusia terhadap usaha untuk mengurangi dampak dari suatu bencana.

sumber

https://nashatakram.net/layanan-otomotif-seva-id/