Mengenal Fitur Aplikasi Keluarga Sehat Versi 2.0 Milik KemenKes

Mengenal Fitur Aplikasi Keluarga Sehat Versi 2.0 Milik KemenKes

Mengenal Fitur Aplikasi Keluarga Sehat Versi 2.0 Milik KemenKes

 

Mengenal Fitur Aplikasi Keluarga Sehat Versi 2.0 Milik KemenKes
Mengenal Fitur Aplikasi Keluarga Sehat Versi 2.0 Milik KemenKes

Kementerian Kesehatan (KemenKes) meluncurkan sebuah aplikasi yang bernama Keluarga Sehat Versi 2.0 dalam versi mobile Android.

Ini merupakan aplikasi resmi yang dapat digunakan untuk mendukung Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK).

Dengan menggunakan aplikasi ini, KemenKes dapat melakukan pendataan keluarga sehat tanpa melalui kunjungan rumah.

Aplikasi ini ditujukan untuk para surveyor dalam mengumpulkan data langsung dilokasi pendataan, baik dalam keadaan terkoneksi internet maupun tidak.

Sebelumnya, Kemeterian Kesehatan telah memiliki fasilitas semacam ini yang dapat diakses melalui alamat www.keluargasehat.kemkes.go.id.

Aplikasi ini merupakan pengembangan dari laman Kementerian Kesehatan tersebut. Lalu, apa saja fitur yang ada di aplikasi ini?

Dilansir dari laman Keluarga Sehat, fitur dalam aplikasi tersebut terdiri dari,

1. Fitur tahun aktif

Fitur ini hanya digunakan khusus admin pusat, dan merupakan manajemen tahun pelaporan data survei untuk

seluruh pengguna. Sebelumnya, aplikasi yang dapat digunakan akan ditentukan kapan periode aktif untuk penginputan data pada tahun berjalan.

2. Fitur tranfer wilayah kerja

Fitur ini digunakan untuk memindahkan data keluarga pada suatu wilayah desa/ kelurahan di puskesmas awal ke puskesmas tujuan yang hanya digunakan khusus admin pusat.

3. Fitur wilayah kerja

Fitur ini digunakan khusus Admin PKM. Digunakan untuk memetakan desa/kelurahan di suatu wilayah kerja puskesmas dengan cara menginput atau mendaftarkan wilayah kerjanya per desa/ kelurahan baik dalam satu wilayah kecamatan maupun lebih.

4. Fitur Rukun Warga

Fitur ini digunakan khusus admin PKM untuk menginput atau mendaftarkan RW dan RT sesuai yang ada pada wilayah kerjanya per desa/kelurahan.

Bila terdapat daerah yang tidak memiliki RW maupun RT, maka setiap puskesmas harus melakukan inventarisasi daerah tersebut kemudian melakukan penomoran secara mandiri.

5. Fitur sasaran wilayah

Fitur sasaran wilayah digunakan admin PKM untuk menentukan jumlah target/ sasaran pendataan di suatu wilayah

kerja puskesmas berdasarkan jumlah keluarga sasaran pada wilayah kerjanya per desa/ kelurahan.

6. Fitur target surveyor

Fitur ini digunakan untuk menentukan target kinerja surveyor oleh admin PKM. Target yang telah ditetapkan dimaksudkan untuk meningkatkan kepedulian dan rasa tanggung jawab bagi para surveyor terhadap data keluarga yang menjadi tanggung jawabnya.

7. Fitur monitoring wilayah

Fitur monitoring wilayah digunakan untuk memantau kinerja capaian dari puskesmas maupun surveyor dengan membandingkan antara target/ sasaran yang telah ditetapkan dengan realisasi data keluarga yang telah diinput oleh para admin PKM.

8. Fitur IKS Puskesmas

Fitur untuk melihat Indeks Keluarga Sehat (IKS) berdasarkan wilayah kerja puskesmasnya pada setiap indikator.

9. Fitur crosstab

Fitur ini dapat digunakan untuk analisis data dengan memanfaatkan data mentah yang telah diunduh melalui akun admin PKM untuk diolah secara mandiri dan di-upload kembali ke aplikasi.

Selanjutnya, data akan di kustomisasi dalam bentuk crosstab analisis data, baik dalam bentuk tabulasi, grafik, dan lain sebagainya.

Sumber:

https://finbarroreilly.com/car-mechanic-job-apk/