Manfaat Akar dan Daun Pepaya Untuk Kesehatan

Manfaat Akar dan Daun Pepaya Untuk Kesehatan

Manfaat Akar dan Daun Pepaya Untuk Kesehatan

Manfaat Akar dan Daun Pepaya Untuk Kesehatan
Manfaat Akar dan Daun Pepaya Untuk Kesehatan

Pepaya memiliki nama latin carica papaya L dan termasuk dalam keluarga caricaceae. Tanaman ini dimanfaatkan buahnya untuk dikomsumsi karena sifatnya yang manis dan sangat menyegarkan. Selain banyak mengandung air, buah pepaya juga kaya akan vitamin C. Bagian bunga, daun pepaya muda juga sering dimanfaatkan sebagai lalap sayuran makan nasi dan sambal.

Selain dapat komsumsi, Beberapa bagian pohon pepaya juga dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Dan hampir semua bagian dari pohon pepaya tersebut dapat digunakan sebagai obat, Seperti, Daun, bunga, biji, akar, getah, dan kulit. Dalam tanaman pepaya terkandung enzim papain yang berfungsi untuk melancarkan pencernaan. Selain terkandung enzim papain, dalam pepaya juga terkandung sifat antiseptik, Dimana kandungan tersebut berfungsi untuk mencegah perkembangbiakan Bakteri-bakteri jahat yang hidup di usus kita. Tentu tak heran, pepaya akan menjadi buah yang paling direkomendasikan untuk mengatasi masalah pencernaan.

Beberapa senyawa yang diketahui terdapat didalam daun pepaya antara lain, (Enzim papain, alkaloid karpaina, pseudo-karpaina, glikosid, karposid, sakarosa, dekstrosa, levulosa, alkaloid karpaina) yang mempunyai efek seperti digitalis. Sementara, Buahnya mengandung (B-Karotene, pectin, d-galaktosa, 1-arabinosa, papain, papayotimin papain, fitokinase). Berikut di bawah ini Manfaat Daun, Bunga, Biji, Akar, Pohon, Pepaya.

Manfaat Akar Pepaya

Bagian akar dari pohon pepaya juga memiliki khasiat yang tidak sedikit manfaatnya untuk kesehatan. Berikut di bawah ini beberapa manfaat akar pepaya yang perlu kita ketahui.

1. Kesehatan Ginjal

Yang paling banyak dikenal dari manfaat akar pepaya tersebut adalah khasiat sebagai obat untuk penyakit ginjal, baik yang telah terkena maupun untuk menghindari penyakit ginjal, Caranya : Rebus 3 potong akar pepaya bersama 1 liter air, Kemudian campur dengan madu untuk meminumnya.

2. Mengobati Cacingan

Selain dari itu, seperti pada manfaat biji pepaya yang diatas, akar pepaya juga baik untuk mengobati penyakit cacingan, Caranya : Ambil satu jari akar pepaya dan 1 siung bawang putih, Kemudian direbus dalam 100 ml air, Setelah mendidih, angkat dan dinginkan, Di minum 2 kali sehari.

3. Mengatasi Gangguan Saluran Kencing

Caranya : Ambil 3 potong akar pepaya, Dan rebus dengan 1 liter air hingga mendidih, Lalu saring. Diminum 1/2 gelas, 1 kali sehari.

4. Untuk Mengobati Rematik

Haluskan 30 gram akar pepaya, Dan 20 gram daun jeruk nipis, 15 gram sambiloto segar, 20 gram daun ketepeng cina, 30 gram daun sirih segar, dan 5 buah cabai rawit. Rendam campuran dalam alkohol 75% selama 7 hari, Kemudian peras dan saring. Gunakan airnya Untuk menggosok dan mengurut pada bagian yang sakit, Lakukan 2-3 kali sehari.

Manfaat Bunga Pohon Pepaya

Sebenarnya manfaat bunga pohon pepaya ini sama saja dengan daunya, Tetapi masih tetap berbeda, Hanya saja belum ketemu jawabanya, Nah sekarang ada info resep tumis bunga pepaya saja. Caranya sama dengan menumis sayuran pada umumnya, Silahkan di catat sebagai berikut di bawah ini :

  1. 250 g bunga pepaya, bersihkan.
  2. 2 sdm minyak sayur.
  3. 5 siung bawang merah, di iris tipis.
  4. 2 siung bawang putih, di iris tipis.
  5. 1 batang daun bawang, potong 3 cm.
  6. 2 buah cabai merah, iris serong tipis.
  7. 2 buah cabai hijau, di iris tipis.
  8. 4 buah cabai rawit merah, di iris serong.
  9. 1 lembar daun pandan muda, di iris kasar.
  10. 50 g teri nasi tawar goreng.
  11. 1 buah jagung manis, serut bijinya.
  12. 30 lembar daun kemangi.
  13. 1/2 sdt merica bubuk.
  14. 1 sdt garam.

Sekian terimakasih karena anda telah menyimak dan membaca artikel Manfaat Daun, Bunga, Biji, Akar, Pohon, Pepaya Tersebut, semoga banyak manfaatnya untuk anda tentunya pengunjung blog ini.

 

Sumber: https://www.bertani.co.id