Konsep Manusia Modern

Konsep Manusia Modern

Secara umum dapat dikatakan bahwa pandangan umum moderisme terkait degan konsep manusia diwakili oleh paham materialisme, rasionalisme, empirisme, dan hedonisme.

  1. Materialisme

Materialisme adalah paham dalam filsafat yang menyatakan bahwa hal yang dapat dikatakan benar-benar ada adalah materi. Materialisme percaya sepenuhnya bahwa segala sesuatu terjadi karena faktor alam. Tak ada penyebab yang berasal dari sesuatu yang gaib. Semua kejadian di dunia ini terjadi karena adanya mata rantai sebab akibat. Alam ini tercipta melaui proses sebab akibat, dan bukan penciptaan tuhan.

  1. Rasionalisme

Rasioalisme adalah paham filsafat yang menyatakan bahwa akal (reason) adalah alat terpenting untuk memperoleh pengetahuan. Menurut aliran rasionalisme, seluruh pengetahuan diperoleh dari cara berpikir. Pengertian lain, rasionalisme atau gerakan rasionalis adalah doktrin filsafat yang menyataka bahwa kebenaran ditentukan melalui pembuktian, logika, dan analis yang berdasarkan fakta, melalui pembuktian, logika, dan analis berdasarkan fakta, dari pada melalui iman, dogma, atau ajaran agama.

  1. Empirisme

Empirisme adalah aliran filsafat yang menyatakan bahwa pengetahuan manusia didapatkan dari sesuatu yang dapat dilihat, sesuatu yang nyata (empiris). Maksudnya sesuatu yang nampak dimata, yang dapat di indra, dan dapat di observasi.

  1. Hedonisme

Hedonisme adalah pndangan hidup yang menganggap bahwa kesenangan dan kenikmatan materi adalah tujuan utama hidup. Didalam penganut ini, hidup dijalani degan sebebas-bebasnya demi memenuhi hawa nafsu yang tanpa batas.

sumber :
https://mitradesain.co.id/2020/06/11/seva-mobil-bekas/