Klasifikasi Ras dan Macamnya

Klasifikasi Ras dan Macamnya

Klasifikasi Ras dan Macamnya

Klasifikasi Ras dan Macamnya
Klasifikasi Ras dan Macamnya

Pada dasarnya, pembagian atau penjabaran ras sanggup dilakukan dengan melihat tanda fisik atau sifat fisik yang menurun. Tanda fisik tersebut diantaranya:

Bentuk Badan

Sebenarnya, bentuk tubuh tidak begitu besar nilainya untuk pembagian ras. Bisa dikatakan insan remaja mempunyai tinggi rata-rata sekitar 150-178 cm.

Bentuk Kepala

Bentuk kepala dihitung dengan mengetahui indeks kepala. Cara menghitungnya yaitu lebar kepala dibagi panjang kepala dikalikan 100.

Bentuk Air Muka dan Tulang Rahang Bawah

Dalam membahas bentuk air muka dan tulang rahang bawah, terdapat 5 hal yang harus diperhatikan yaitu:
Bentuk tulang pipi ada yang terlihat menonjol keluar, menyerupai orang Asia Timur, beberapa bangsa Rusia, orang Pasifik Selatan dan bangsa Indian. Pronagtisme yaitu derajat proyeksi ke muka dari air muka
Lebar muka yaitu jarak maksimum antara dua pipi. Panjang muka yaitu jarak maksimum antara batas tulang dahi dan tulang hidung serta bab paling bawah dari tengah-tengah tulang rahang atas. Indeks muka sanggup diketahui dengan membagi panjang dan lebar dikali 100. Gigi kurang bermanfaat untuk penyelidikan alasannya yaitu bentuk gigi pada insan tidak begitu banyak berbeda. Manusia purba dan insan modern mempunyai perbedaan yang mencolok. Manusia purba tidak mempunyai tulang dagu, tulang tersebut berkembang pada insan lebih tinggi tingkat perkembangan evolusi.

Bentuk Hidung

Indeks hidung didapatkan dengan cara membagi panjang dan lebar hidung dikali 100.

Warna Kulit, Warna Rambut dan Warna Mata

Warna kulit insan sanggup dibagi menjadi putih dan hitam. Selain warna tersebut ada pula warna kulit lain menyerupai putih pada ras Nordic, kuning pada orang tionghoa, sawo atang pada orang Dravida, kuning cokelat pada orang Polynesia, dan cokelat hitam pada orang Negro.

Warna Rambut juga bermacam-macam, ada yang hitam, cokelat, pirang, putih dan kekuningan. Warna mata ada yang hitam, cokelat, biru, hijau dan abu-abu.

Bentuk Rambut

Terdapat 5 bentuk rambut insan yaitu lurus, bergelombang, keriting, krul dan menyerupai wol.

Macam-Macam Ras di Indonesia

Adapun beberapa jenis ras yang ada di Indonesia, diantaranya:

1. Melanesoid (Negro Melanesia)
Suku bangsa yang masuk dalam ras ini yaitu orang Papua dan orang Maluku

2. Mongoloid Melayu
Jenis ras ini berada di wilayah Indonesia bab barat dan tengah.

3. Kelompok Penduduk Keturunan Asing
Yang termasuk dalam kelompok ras ini antara lain orang China (Ras Mongoloid induk) dan orang keturunan Arab, Pakistan dan India (Ras Kaukasoid).

Baca Juga: