Kepsek SMPN 4: Merger SD Bisa Jadi Solusi

Kepsek SMPN 4 Merger SD Bisa Jadi Solusi

Kepsek SMPN 4: Merger SD Bisa Jadi Solusi

Kepsek SMPN 4 Merger SD Bisa Jadi Solusi
Kepsek SMPN 4 Merger SD Bisa Jadi Solusi

Kepala SMP Ne­geri 4 Kota Bogor Wawan memberikan solusi atas terbatasnya jumlah SMP negeri yang ada

. Menurutnya, mi­nimnya lokasi untuk penambahan jumlah SMP di tengah animo masy­arakat yang tinggi perlu segera dica­rikan solusi. Salah satunya dengan menggabungkan sekolah dasar ne­geri yang selama ini beroperasi.

“SD negeri yang digabung bisa juga dijadikan SMP negeri baru sebagai SMP negeri tambahan. Buat saja dulu SMP negeri berskala kecil atau SMP negeri tipe C. Tiga kelas tiga ke­las dulu, nanti ke depannya bisa be­rubah menjadi SMP tipe B hingga meningkat terus menjadi SMP ne­geri tipe A,” kata Wawan.

Idealnya, lanjut Wawan, Kota Bogor memiliki 30 hingga 40 SMP negeri. Sebab, jumlah SMP

yang saat ini ada belum bisa menampung lulusan se­kolah dasar yang akan melanjutkan ke jenjang SMP negeri. “Untuk itu, langkah yang perlu diambil adalah dengan menambahan jumlah SMP negeri dengan menggunakan SD yang digabungkan dan itu merupakan sa­lah satu solusi pengadaan SMP ne­geri baru yang efektif,” tegas Wawan.

Ia mencontohkan SMP Negeri 20. Awalnya sekolah tersebut hanya ber­skala kecil

. Namun perlahan ber­kembang dan saat ini bisa sejajar dengan SMP negeri tipe A.

“Untuk pengadaan SMP negeri ini, dari dahulu kita sudah mendengar bahwa di kawasan Cimahpar akan dibangun SMP negeri baru yakni SMP Negeri 21, tetapi hingga saat ini belum terealisasi. Menurut saya, membangun SMP negeri baru dengan mengguna­kan sekolah merger adalah langkah terbaik, pengadaan SMP negeri baru. Sehingga pada tahun depan, pelaks­anaan PPDB sistem zonasi tidak akan seruwet tahun ini,” tandas Wawan.

 

Sumber :

https://www.surveymonkey.com/r/3R25WYF