Kepala Sekolah Jadi Titik Tumpu Perubahan Pendidikan

Kepala Sekolah Jadi Titik Tumpu Perubahan Pendidikan

Kepala Sekolah Jadi Titik Tumpu Perubahan Pendidikan

Kepala Sekolah Jadi Titik Tumpu Perubahan Pendidikan
Kepala Sekolah Jadi Titik Tumpu Perubahan Pendidikan

Selain guru, kepala sekolah menjadi salah satu titik tumpu

dalam melakukan perubahan pendidikan ke arah lebih baik.
“Mutu siswa ditentukan pembelajaran yang berkualitas, maka yang harus dikontrol dan diawasi adalah guru. Maju tidaknya sekolah bergantung kepala sekolah,” ujar Hamid Muhammad, Dirjen Dikdasmen Kemendikbud dalam Sharing Best Practice “Program Pintar” yang digelar Tanoto Foundation (28/5).
Kepala sekolah memegang peranan dalam membawa perubahan sekaligus menjaga konsistensi pembelajaran di sekolah mampu membuat siswa terlibat aktif. Dengan demikian, sekolah diharapkan mampu melahirkan lulusan dengan kompetensi yang siap menjawab tantangan abad 21.
Literasi dan HOTS
Sementara itu, Murniati Nasution (Kepala SDN 122375 Pematang Siantar, Sumatera Utara) memaparkan pengalaman membawa perubahan pembelajaran di sekolah.
Semua guru konsisten menerapkan pembelajaran aktif, siswa difasilitasi belajar menggunakan kemampuan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skill/HOTS), dan kegiatan membaca buku setiap hari.

Orangtua juga terlibat aktif dalam mendukung peningkatan mutu sekolah

. Kini, para kepala sekolah dan guru-guru dari sekolah lainnya tertarik belajar dan mengunjungi sekolah melihat proses pembelajaran di kelas.
“Saya sering mengikuti pelatihan namun tidak ada tindaklanjut implementasinya. Pelatihan Tanoto Foundation sangat berbeda. Sejak awal pelatihan kami sudah langsung berpraktik, kami juga didampingi agar dapat menerapkan dalam pembelajaran,” ujar Murniati.
Ia menambahkan, “Hal itu membuat saya bersama para guru terinspirasi untuk berkomitmen menerapkan hasil pelatihan.”
Untuk memastikan guru juga berkomitmen menerapkan pembelajaran aktif di kelas, Murniati rutin melakukan pendampingan pembelajaran melalui kegiatan supervisi.

“Sebelum supervisi, saya mendampingi guru menyiapkan dalam perangkat

dan media pembelajaran yang akan digunakan. Di dalam pembelajaran, saya juga tidak hanya duduk diam dan mencatat, tetapi saya ikut mendampingi proses pembelajaran,” ujarnya.
Pascasupervisi Murniati mengajak guru berdiskusi hasil pembelajaran, apa yang sudah berhasil dan apa yang perlu diperbaiki ke depan. “Dampaknya, para guru selalu berupaya meningkatkan kualitas pembelajaran,” paparnya.