Jenis Kartu VGA Berdasarkan Bentuk Fisik

Jenis Kartu VGA Berdasarkan Bentuk Fisik

Jenis Kartu VGA Berdasarkan Bentuk Fisik

Jenis Kartu VGA Berdasarkan Bentuk Fisik
Jenis Kartu VGA Berdasarkan Bentuk Fisik

 

Tipe VGA Card berdasarkan bentuk fisik terbagi menjadi beberapa jenis yaitu:

1. Kartu VGA ISA (ISA 8 bit 1981, ISA 16 bit 1984)

Kartu VGA Card atau ISA VGA adalah tipe VGA Card lama yang memasang slot pada bus ekspresi ISA (Industry Standart Architecture) pada komputer yang menggunakan 8 biat atau 16 bit system. Jenis kartu VGA ini tidak digunakan lagi saat ini, karena VGA ISA diketahui memiliki grafis kecepatan transfer data yang lambat dan kombinasi warna yang terbatas.

2. Kartu VGA EISA (1988 EISA 32 bit)

Kartu VGA Card atau VGA EISA ini adalah tipe VGA lama serta pemasangan slot pada ekspansi EISA (Extended Industry Standart Architecture) pada komputer 32 bit. Kartu VGA ini sama dengan model VGA ISA yang belum pernah digunakan lagi kualitas pengiriman data karen, kehalusan gambar dan kombinasi warna kurang maksimal.

3. VGA Card PCI (1993 32 bit dan 64 bit)

Kartu VGA atau PCI VGA card adalah tipe VGA yang terpasang pada bus PCI slot (Peripheral Component Interconnect) pada komputer 32 bit dan 64 bit. Kartu VGA PCI sekarang mungkin jarang digunakan, namun kemungkinan masih ada yang memakainya di komputer pentium atau dual core.

4. VGA Card AGP

VGA Card atau AGP VGA card merupakan jenis kartu VGA yang terpasang pada slot AGP (Accelerate Graphics Port) komputer 128 bit atau 256 bit. Kartu VGA AGP hanya bisa dipasangkan jika pada motherboard ada slot AGP, jadi VGA AGP ini bisa dimaksimalkan untuk meningkatkan transfer data grafis dari CPU ke monitor. Jenis Kartu VGA AGP berdasarkan nilai volatilitasnya:
AGP 1x dan AGP 2x: Tegangan 3.3 Volt
AGP 4x dan AGP 8x: Voltage 1,5 Volt
AGP Universal
AGP Pro Universal: Tegangan 1,5 Volt dan 3,3 Volt

5. Kartu VGA PCIe (PCIe 2004)

Kartu VGA atau VGA Card PCIe ini adalah tipe VGA Card yang dipasangkan dengan rangkaian komputer slot PCIe slot (Peripheral Component Interconnect Express) sistem I / O (PCIe 1x, PCIe 4x, PCIe 8x, dan PCIe 16x). VGA PCIe ini memiliki kecepatan transfer hingga 32GB / s sehingga mencakup perangkat teknologi terbaru yang terpasang untuk perangkat antarmuka saat ini.

Sumber: gameboxx.me