Jenis-Jenis Iklan Menurut Para Ahli

Jenis-Jenis Iklan Menurut Para Ahli

Jenis-Jenis Iklan Menurut Para Ahli

Jenis-Jenis Iklan Menurut Para Ahli
Jenis-Jenis Iklan Menurut Para Ahli

1. Bitner

Menurut Bitnar, iklan ada dua yaitu;

  • Iklan standar, adalah iklan yang ditata secara khusus untuk keperluan memperkenalkan produk atau barang, jasa, pelayanan untuk konsumen melalui media periklanan.
  • Iklan layanan masyarakat, yaitu iklan yang sifatnya non profit dan berupaya memperoleh keuntungan sosial di dalam masyarakat.

2. Frank Jefkins

bpupki – Menurut Frank Jefkins, secara garis besar iklan bisa digolongkan menjadi tujuh kategori pokok, diantaranya :

  • Iklan konsumen: iklan yang mempromosikan barang-barang konsumsi yang umum/biasa dibeli oleh masyarakat.
  • Iklan antar bisnis: iklan yang mempromosikan barang-barang dan jasa non konsumen. Maksudnya, yang memasang iklan dan yang menjadi sasaran iklannya sama-sama perusahaan.
  • Iklan perdagangan: iklan yang secara khusus ditujukan untuk kalangan distributor, pedagang, agen dan lain sebagainya.
  • Iklan eceran: iklan-iklan yang dibuat dan dibiayai oleh pihak pemasok/perusahaan dan dilancarkan kepada pihak pengecer.
  • Iklan keuangan: iklan-iklan untuk bank, jasa tabungan, asuransi dan investasi. Untuk pelengkap terkadang disertai juga laporan keuangan perusahaan.
  • Iklan langsung: iklan yang memakai medium pos (direct mail).
  • Iklan lowongan kerja: iklan yang mempunyai tujuan merekrut calon pegawai atau pekerja untuk dipekerjakan.

3. Courtlan L. Bovee

Menurutnya, iklan dibagi menjadi empat kategori, yaitu:

  • Berdasarkan khalayak sasaran psikografis.
  • Berdasarkan khalayak sasaran geografis : iklan internasional, nasional, regional, dan lokal.
  • Berdasarkan tempat media : iklan media cetak dan media elektronik.
  • Berdasarkan fungsi dan tujuannya iklan : iklan barang/bukan barang, iklan komersial/non komersial, iklan dampak langsung/tidak langsung.

4. Alo Liliweri

Menurut Alo Liliweri, iklan dibedakan menjadi beragam kategori. Kategori tersebut yaitu :

Berdasarkan media yang digunakan, iklan dapat dikelompokan menjadi dua kategori besar yaitu :

  • Media above the line

Memiliki karakteristik yang khas, antara lain : informasi yang disebarkan secara serempak atau bebarengan, halayak yang menerima pesan cenderung anonim (tanpa nama), dan dapat merangkul khalayak yang luas.

  • Media below the line

Sementara itu, media below the line adalah iklan yang menggunakan media khusus seperti leaflet, poster, spanduk, bus stop, stiker baliho, dan lain-lainnya.

Nah itulah pengertian iklan menurut para ahli, sedangkan secara garis besar, jenis-jenis iklan dapat kita kategorikan menjadi dua kelompok yaitu iklan cetak dan iklan elektronik.