Jaringan Nikable Generasi ke-5

Jaringan Nikable Generasi ke-5

Jaringan Nikable Generasi ke-5

Jaringan Nikable Generasi ke-5
Jaringan Nikable Generasi ke-5

Kemajuan teknologi tidak akan pernah berhenti, baik dalam bidang infrastruktur, software, hardware maupun telekomunikasi. Setelah keluarnya generasi 4G-LTE dan 4,5G, developer jaringan mobile berencana akan membuat generasi penerusnya yaitu 5G. 5G (jaringan mobile generasi ke-5 atau sistem nirkabel generasi ke-5) menunjukkan fase utama berikutnya dari standar telekomunikasi seluler di luar standar 4G / IMT-Advanced saat ini.

5g-network
The Next Generation Mobile Networks Alliance yang merupakan developer jaringan mobile mendefinisikan persyaratan apa saja yang harus dimiliki oleh 5G, diantaranya :

Kecepatan data dari beberapa puluh megabit per detik harus didukung untuk puluhan ribu pengguna
1 gigabit per detik yang akan ditawarkan secara bersamaan untuk banyak pekerja di lantai kantor yang sama
Beberapa ratusan ribu koneksi simultan harus didukung untuk penyebaran sensor besar
Efisiensi spektrum harus ditingkatkan secara signifikan dibandingkan dengan 4G
Cakupan harus ditingkatkan
Efisiensi Signalling harus ditingkatkan
Latency harus berkurang secara signifikan dibandingkan dengan LTE

The Next Generation Mobile Networks Alliance merasa bahwa 5G harus diluncurkan pada tahun 2020 untuk memenuhi kebutuhan bisnis dan konsumen tuntutan. Selain memberikan kecepatan hanya lebih cepat, mereka memprediksi bahwa jaringan 5G juga perlu memenuhi kebutuhan kasus penggunaan baru, seperti Internet of Things serta layanan siaran seperti dan komunikasi garis hidup pada saat bencana alam.

Meskipun bisa dibilang terlalu lama (10 tahun setelah 4G), namun teknologi ini diharapkan bisa membantu perkembangan jaringan mobile di dunia sehingga layanannya bisa dimanfaatkan oleh seluruh warga dunia yang saat ini serba harus cepat. Tidak hanya itu saja, hardware yang mendukung teknologi tersebut dalam hal ini ponsel / telkom genggam juga diharapkan bisa menyesuaikan perkembangan teknologi sehingga 5G bisa dimanfaatkan secara maksimal.