GENERALISASI-GENERALISASI GEOGRAFI

GENERALISASI-GENERALISASI GEOGRAFI

GENERALISASI-GENERALISASI GEOGRAFI

  1. Tempat

Nilai penting karakteristik suatu tempat dalam masa lalu, sekarang maupun masa sepan terhadap suatu tempat-tempat yang strategis secara ekonomi, selalu memiliki daya tarik tersendiri bagi pengembangan politik-ekonomi. Hal itu disebabkan makin meningkatnya mobilitas ddan faktor utama produksi, yaitu modal dan tenaga kerja. Suatu tempat harus memiliki daya tarik bagi investasi dan pekerja, mereka yang terlibat dalam manajemennya harus bekerja dengan tujuan tersebut. Hal itu telah menimbulkan ketertarikan untuk menciptakan dan menjual tempat kepada berbagai kelompok bisnis.

  1. Sensus Penduduk

Sensus penduduk memiliki makna multidimensi, karena darihasil tersebut dapat memberikan informasi tentang penduduk, angkatan kerja prouktif, perumahan sector manufaktor, pertanian, perindustrian, pertambangan, dunia bisnis, dan lain-lain. Dalam praktiknya, sensus penduduk dapat dilakukan secara de facto maupun de jure (di mana ia dihitung walaupu tidak ada ketika sensus berlangsung) (Taeuber, 2000:100).

  1. Iklim

Masalah-masalah yang sering muncul dalam pembangunan pertanian di daerah tropis dari segi iklim adalah tanah di daerah tropis beriklim lembab. Sepanjang tahun mungkin dapat digunakan untuk pertanian, tetapi sebagian tanah tanah itu tidak cocok untuk didayagunakan menurut pola pertanian modern yang mengandalkan penggunakan teknologi mutakhir karena tidak dapat dipupuk secara efektif dengan pupuk mineral (Weischet, 1986: 1).

  1. Laut

Sebagai Negara bahari, bangsa Indonesia belum optimal dalam melakukan peberdayaan kelautan atau apa yang dinamakan Revolusi biru masih jalan ditempat.

  1. Lingkungan

Dalam setiap proyek pembangunan, sebelumnya perlu dilakukan analisis menyeluruh tentang dampak lingkungan yang ditimbulkannya. Hal itu bukan hanya kepada perisahaan-perusahaan pemerintah, tetapi juga perusahaan-perusahaan swasta, terutama sanagat berperan dalam memperoleh izin resmi usaha tersebut, khususnya bagi kegiatan-kegiatan yang dianggap peka lingkungan. (O’ Riodan, 2000: 299).

  1. Benua

Sebagai penduduk dari benua yang paling banyak dan padat penduduknya, bangsa asia lebih kompleks menghadapi tantangan kehidupan mendatang disbanding dengan bangsa Australia yang lebih sedikit dan rendah tingkat kepadatan penduduknya.

Sumber :

https://forbeslux.co.id/penggemar-pokemon-go-ramaikan-festival-pikachu-di-yokohama/