GANGGUAN ATMOSFER

GANGGUAN ATMOSFER

GANGGUAN ATMOSFER
GANGGUAN ATMOSFER

Dampak Badai terhadap Daratan

Kombinasi awan luas, angin berputar-putar, dan curah hujan berlimpah – sering disertai dengan guntur dan petir – yang menjadi ciri khas banyak badai
Dampak jangka panjang Kerusakan bervariasi dengan intensitas gangguan, pohon tumbang, erosi, lembah banjir, bangunan hancur, dan tanaman hancur . efek positif jangka panjang terhadap daratan, keragaman dalam vegetasi, meningkatkan ukuran danau dan kolam, dan merangsang pertumbuhan tanaman melalui kelembaban tanah yang mereka tambah.

Massa Udara

Troposfer adalah tubuh terus menerus campuran gas yang mengelilingi planet ini, yang terdiri dari paket variabel udara yang berbeda satu sama lain yang dsebut dengan massa udara.

Untuk dibedakan, massa udara harus memenuhi tiga persyaratan:
1. besar. Sebuah massa udara khas adalah lebih dari 1600 kilometer (1000 mil) dalam luasnya dan beberapa kilometer dalamnya (dari permukaan ke puncaknya).
2. memiliki sifat yang seragam dalam dimensi horizontal. pada setiap ketinggian tertentu dalam massa udara, karakteristik fisik – terutama suhu, kelembaban, dan stabilitas – relatif homogen.
3. menjadi entitas yang dikenali dan perjalanan sebagai satu. berbeda dari udara sekitarnya, dan ketika bergerak, harus mempertahankan karakteristik aslinya dan tidak terpecah oleh perbedaan dalam aliran udara.

Kebanyakan massa udara paling sering terbentuk di daerah dengan kondisi anti-siklon. Pembentukan massa udara biasanya dikaitkan dengan apa yang disebut daerah sumber: daerah permukaan bumi yang sangat cocok untuk menghasilkan massa udara. Daerah tersebut harus luas, fisik seragam, dan berhubungan dengan udara yang stasioner atau anti-siklon. Daerah sumber ideal adalah permukaan laut dan lahan datar yang luas yang memiliki penutup seragam misalnya salju, hutan, atau gurun.

para ilmuwan atmosfer, menyatakan bahwa massa udara dapat berasal hampir di mana saja di lintang rendah atau tinggi tapi jarang di pertengahan garis lintang karena berlaku angin barat di mana angin yang terus-menerus akan mencegah pembentukan massa udara.

Klasifikas

Massa udara diklasifikasikan berdasarkan daerah sumber. Wilayah sumber garis lintang berkorelasi langsung dengan suhu massa udara, dan sifat permukaan sangat mempengaruhi isi kelembaban massa udara. Dengan demikian, massa udara lintang rendah adalah hangat atau panas, sedangkan lintang tinggi adalah sejuk atau dingin. Jika massa udara berkembang di atas permukaan benua, kemungkinan menjadi kering, jika itu berasal atas lautan, itu biasanya lembab.

Gerakan dan Modifikasi

Ketika massa udara berangkat dari daerah sumbernya, strukturnya mulai berubah, karena sebagian modifikasi termal (pemanasan atau pendinginan dari bawah), sebagian untuk modifikasi dinamis (mengangkat, subsidence, konvergensi, turbulensi), dan mungkin juga di bagian penambahan atau pengurangan kelembaban. Setelah meninggalkan daerah sumbernya, massa udara memodifikasi cuaca dari daerah di mana ia bergerak: dibutuhkan sumber karakteristik wilayah ke wilayah lain.

Baca Juga: