FUNGSI MANAJEMEN KEUANGAN

FUNGSI MANAJEMEN KEUANGAN

FUNGSI MANAJEMEN KEUANGAN

FUNGSI MANAJEMEN KEUANGAN

Sebuah perusahaan mebutuhkan adanya seorang manajer keuangan untuk mengatur pengelolaan keuangan agar kondisi keuangan dikelola dengan baik sehingga perusahaan mampu memperoleh keuntungan seperti yang diharapkan. Manajemen atau pengelolaan keuangan menjadi bagian penting dari sebuah perusahaan yang memiliki fungsi:

1. PERENCANAAN KEUANGAN

Manajemen keuangan memiliki fungsi perencanaan keuangan dalam sebuah perusahaan, hal ini meliputi perencanaanarus kas dan laba rugi yang dialami perusahaan.

2. ANGGARAN

Dalam manajemen keuangan terdapat perencanaan penerimaan serta pengalokasian anggaran biaya secara efisien serta memaksimalkandana yang dimiliki oleh perusahaan.

3. PEMERIKSAAN

Dalam fungsi ini, manajemen ini melakukan audit internal berdasarkan keuangan perusahaan yang ada supayasesuai dengan kaidah standar akuntansi dan terhindar dari terjadinya penyimpangan.

4. PENGENDALIAN

Dalam fungsi ini, manajemen di dalam keuangan berperan melakukan evaluasi dan perbaikan mengenai keuangan serta sistem keuangan yang ada pada perusahaan.

5. PELAPORAN

Manajemen atau pengelolaan keuangan berfungsi menyediakan laporan keuangan yang berisi informasi mengenai kondisi keuangan perusahaan serta analisa rasio laporan keuangan.


Sumber: https://klokkenluideronline.net/strikers-1945-apk/