Es Potong atau Es Goyang

Es Potong atau Es Goyang

Es Potong atau Es GoyangEs Potong atau Es Goyang

Es Potong

Saat berkunjung ke daerah Glodok, banyak kuliner yang bisa dilihat dan dicoba. Salah satu yang menarik perhatian saya adalah es potong. Pedagang es ini termasuk sudah jarang ditemui. Walaupun masih ada pedagangnya dibeberapa tempat. Tetapi melihatnya berada disekitar Glodok menjadi tampak berbeda. Terlihat menarik dan jadul sekali.

Tetapi es potong atauves goyang ini memang termasuk jenis jajanan jadul kok. Karena memang saat saya kecil, puluhan tahun yang lalu jenis es ini yang dijumpai di sekolah. Saya salah satu langganan es potong rasa kacang hijau.

Sejak dulu cara pembuatannya dan juga jenis rasanya tetap sama. Rasa kacang hijau dan ketan hitam. Es potong ini menurut si penjualnya dibuat dengan cara di goyang-goyang. Karenanya ada yang menyebut es ini dengan sebutan es goyang.

Bahan bakunya terdiri atas kacang hijau atau ketan hitam yang sudah matang. Dicampur dengan air santan yang terdiri atas gula dan garam. Lalu dimasukkan kedalam cetakan dan di goyang-goyang agar es tersebut beku. Sangat mudah tampaknya. Tetapi jika bukan ahlinya tetap saja bingung. Lebih baik membeli yang sudah jadi, tinggal menikmatinya saja. Ehmmm…Enak!

Sumber: https://tribunbatam.co.id/2020-indonesia-pasarkan-massal-mobil-listrik-buatan-sendiri/