Dispendik Surabaya Siap Kembali Gelar USBN SD

Dispendik Surabaya Siap Kembali Gelar USBN SD

Dispendik Surabaya Siap Kembali Gelar USBN SD

Dispendik Surabaya Siap Kembali Gelar USBN SD
Dispendik Surabaya Siap Kembali Gelar USBN SD

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Surabaya menyatakan siap menggelar ujian sekolah

berstandar nasional (USBN). Pemberlakuannya dimulai pada awal Januari 2018. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Surabaya Ihksan mengatakan pihaknya sudah mempersiapkan pelaksaan USBN untuk SD.

Hanya, mereka masih menunggu petunjuk teknis dari pemerintah pusat. “Sudah siap jangan khawatir. Persiapan sudah jalan,” kata Ihksan saat ditemui wartawan, Minggu (24/12).

Sementara, Ketua Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Bambang Suryadi

mengatakan, pada 2018 semua sekolah jenjang SD hingga SMA dan yang sederajat akan diberlakukan USBN. Ujian tersebut mengujikan semua mata pelajaran.
Latihan Soal US SD/MI
Ilustrasi: Latihan Soal US SD/MI Tahun 2018 (ujiannasional.org)

Lebih lanjut, Bambang menjelaskan, pelaksanaan USBN dilakukan oleh masing-masing satuan pendidikan. Porsi soal ujiannya, 25 persen disiapkan pihak Kementerian pendidikan dan Kebudayaan. Sisanya, atau 75 – 80 persen disiapkan para guru yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP).

Kemudian, lanjutnya, penyelenggara USBN diberi kebebasan dalam menentukan

bentuk soal ujian. Dapat berupa ujian berbasis kertas atau komputer. Jika berbasis komputer, tiap satuan pendidikan memiliki kewenangan dalam penggunaan aplikasinya. “Jadi, tidak memakai aplikasi UNBK dari Puspendik,” kata Bambang.

Sebagai informasi, ujian sekolah pada jenjang SD dan MI masih mencakup tiga mata pelajaran. Yakni, bahasa Indonesia, matematika, dan IPA. Saat diberlakukan USBN, mata pelajaran yang diujikan terdiri dari bahasa Indonesia, matematika, IPA, IPS, PKN, seni budaya dan prakarya (SBDP), pendidikan jasmani olah raga dan kesehatan (PJOK) dan pelajaran agama.

 

Baca Juga :