Ciri-Ciri Pendidikan di Indonesia

Ciri-Ciri Pendidikan di Indonesia

Cara melaksanaakan pendidikan di Indonesia sudah tentu tidak terlepas daari tujuan pendididkan di Indonesia, sebab pendidikan indonesia yang dimaksud di sini ialah pendidikan yang dilakukan di bumi Indonesia untuk kepentingan bangsa indonesia.

Aspek ketuhanan sudah dikembangkan dengan banyak cara seperti melalui pendidikan-pendidikan agama di sekolah maupun di perguruan tinggi, Melalui ceramah-ceramah agama di masyarakat, melalui kebutuhan beragama di asrama-asrama,lewat mimbar-mimbar agama dan ketuhanan di televisi, radio, surat kabar dan sebagainya. Bahan-bahan yang diserap melalui media itu akan berintegrasi dalam rohani para siswa/mahasiswa.

Pengembangan-pengembangan pikiran sebagian besar dilakukan disekolah-sekolah atau perguruan tinggi melalui bidang studi-studi yag mereka pelajari. Pikiran para siswa atau mahaiswa di asah,melalui pemecahan soal-soal, pemecahan berbagai masalah menganalisis sesuatu peserta menyimpulkannnya.

  1. Kualitas pendidikan Indonesia

Seperti yang telah kita ketahui, kualitas pendidikan di indonesia semakin memburuk. Hal ini terbukti dari kualitas guru, sarana belajar, dan murid-muridnya. Guru-Guru tentunya punya harapan terpendam yang tidak dapat mereka sampaikan kepada siswanya. Memang,guru-guru saat ini kurang kompeten. Banyak orang yang menjadi guru karena tidak diterima di jurusan lain atau kekurangan dana. Kecuali guru-guru lama yang sudah mendedikasikan dirinya menjadi guru. Selain berpengalaman mengajar murid, mereka memiliki pengalaman yang dalam mengenai pelajaran yang mereka ajarkan.  Belum lagi masalah gaji guru. Jika fenomena ini dibiarkan berlanjut, tidak lama lagi pendidikan di indonesia akan hancur mengingat banyak guru-guru berpengalaman yang pensiun.