pengemukan kambing

Cara Ternak Kambing Paling Mudah

Cara Ternak Kambing Paling Mudah

Bisnis peternakan kambing belakangan ini semakin berkembang seiring dengan banyaknya jenis kambing baru yang bisa dimanfaatkan baik daging maupun susunya. Cara ternak kambing tidak berbeda dengan ternak sapi karena pemanfaatannya hampir serupa yaitu daging serta susunya. Berbicara mengenai cara ternak atau peternakan kambing maka pastinya tidak jauh – jauh dari perawatan kandang serta pemberian makan. Sebelum membahas lebih lanjut mengenai peternakan kambing, anda perlu mengenal jenis – jenis kambing yang biasanya diternakkan.
Beberapa jenis  kambing yang biasanya di ternakkan di Indonesia yaitu :

1. Kambing etawa

Kambing ini memiliki ciri – ciri yang sangat nampak jelas terlihat yakni bentuk telinga yang panjang terkulai atau menjuntai serta memiliki tanduk yang pendek baik pejantan maupun betinanya. Kambing jenis ini biasanya dimanfaatkan untuk diambil susu serta dagingnya. Susu kambing yang beredar dipasaran biasanya merupakan susu dari kambing jenis ini karena kambing etawa mampu untuk memproduksi 3 liter susu setiap harinya.

2. Kambing kacang

Kambing ini merupakan salah satu kambing yang memiliki ras asli  indonesia. kambing yang biasanya diternakan di desa – desa biasanya merupakan kambing jenis ini, karena kambing ini sangat mudah beradaptasi dan perawatannya pun sangat mudah. Berbeda dengan kambing etawa yang bisa di ambil susunya, kambing kacang ini merupakan kambing pedaging sehingga hanya bisa di ambil dagingnya saja.

3. Kambing peranakan etawa

Kambing ini merupakan kambing hasil persilangan antara kambing etawa dengan kambing kacang. Kambing ini memiliki bentuk yang sebagian mirip dengan kambing kacang dan sebagian mirip kambing etawa. Namun secara umum kambing ini lebih banyak mirip etawa karena bisa menghasilkan susu dan daging yang banyak. Perbedaannya adalah libido kambing peranakan etawa ini lebih tinggi jika dibandingkan dengan kambing etawa.
Beberapa jenis kambing diatas adalah jenis yang paling banyak di ternakkan di Indonesia karena paling mudah di ternakkan dan paling menguntungkan.
Sebelum memulai usaha peternakan kambing, anda harus memperhatikan hal – hal berikut ini agar usaha anda dapat sukses :
  1. Jika anda ingin memulai usaha peternakan kambing pedaging maka langkah pertama yang harus anda lakukan yaitu memilih bibit kambing yang paling bagus. Karena ini adalah usaha untuk jangka waktu yang lama maka sebaiknya anda mempersiapkan bibit yang benar – benar berkualitas agar hasil peranakannya pun akan tetap berkualitas.
  2. Siapkan kandang yang sesuai dengan banyaknya kambing yang akan diternakkan. Untuk masing – masing kambing biasanya membutuhkan kandang berukuran 1.2 x 1.2 m. Namun khusus untuk kambing yang baru melahirkan membutuhkan 1.5 x 1.5 m untuk satu induk dan 2 ekor anak.
  3. Setelah urusan kandang selesai, anda juga harus memperhatikan pakan. Ya, pakan adalah salah satu hal yang terpenting dari bisnis peternakan kambing. Kualitas jenis pakan yang baik serta waktu pemberian pakan  juga akan sangat berpengaruh terhadap produksi daging kambing itu sendiri. Jenis pakan yang biasanya diberikan untuk kambing yaitu terdiri dari pakan utama dan konsentrat yang diberikan dua kali sehari pada jam 08.00 dan jam 16.00 WIB. Pakan utama berupa tumbuh – tumbuhan hijau dan daun – daunan misal daun singkong, sedangkan pakan konsentrat berupa pakan padat yang terbuat dari ampas tahu, bekatul serta ketela yag telah di cacah.
  4. Jika bisnis peternakan kambing telah berjalan maka setelah 7 bulan, satu kambing akan memproduksi sekitar 2 – 3 kambing. Untuk perawatan bayi – bayi kambing tidaklah repot karena  tidak ada perlakuan khusus.
  5. Untuk jenis kambing perah, perawatannya hampir sama dengan kambing pedaging, yang berbeda hanya anda harus menyiapkan tempat khusus untuk melakukan pemerahan agar kualitas susu yang dihasilkan tetap terjaga. Pemerahan dilakukan secara rutin misalnya dua kali sehari dan pemerahan harus dihentikan 2 atau 3 bulan sebelum induk kambing melahirkan.
Bisnis peternakan kambing ini bisa menjadi sangat menguntungkan jika anda menjalaninya dengan tekun serta rajin untuk merawat dan memperhatikan kesehatan kambing anda. selamat mencoba