Cara Recovery Files

Cara Recovery Files

Cara Recovery Files

Cara Recovery Files
Cara Recovery Files

Recovery Dokumen MS Word

• Nucleus Kernel-Word
Nucleus Kernel-Word adalah tool yang bias dugunakan untuk me-recovery atau me-repair file MS Word. Nucleus Kernel-Word adalah tool yang canggih karena mampu me-recover atau mengembalikan file MS Word yang corrupt, damage, error atau terkena virus. Tool ini berbeda dengan tool recover yang lainnya. Apa yang membedakannya? Nucleus Kernel Word dalam proses recover-nya memiliki empat preview recovery yang masing-masing memiliki isi tersendiri (jumlah halaman isi yang diperbaiki), dengan demikian kita bisa memilih bagian mana yang paling baik diantara keempatnya .

Nucleus Kernel Word bias diunduh melalui almat situs: http://www.nucleustechnologies.com/Word-Document-Repair-Software.php. Nucleus Kernel Word bisa digunakan pada system operasi Windows 9X/Me/NT/2000 Server/XP. Ukuran file cukup kecil, jadi tidak telalu banyak memakan space hardisk.
Berikut adalah langkah-langkah menggunakan Nucleus Kernel Word.
1. Instal terlebih dahulu Nucleus Kernel Word.
2. Untuk memulai me-recover file, klik tombol Add Files, pada kotak dialog Open silakan anda pilih file MS Word yang mengalmi masalah.
3. Klik Open.
4. File yang dipilih akan masuk ke dalam daftar file.
5. Klik Next.
6. Proses recovery akan berlangsung.
7. Untuk melihat filenya, klik Next.
8. Klik Ok untuk kembali.
9. Klik Save Files untuk menyimpan file tersebut. Tentukan lokasi untuk menyimpan file.
10. Klik Ok.

• WordFIX PRO 5.3
Satu lagi tool yang akan kita bahas untuk me-recovery file Word adalah WordFIX PRO 5.3. Tool ini memiliki kemampuan untuk me-recovery file pada MS Word yang disebabkan Karena corrupt file, terkena virus, atau file yang tidak bisa dibuka. Tool ini bias digunakan pada MS Word 95, 97, 2000, XP, dan 2003.

Untuk mendapatkannya anda bisa men-downloadnya melalui situs http://www.cimaware.com. Sedangkan untuk versi yang digunakan adalah versi 5.03.
Berikut adalah langkah-langkah menggunakan WordFIX PRO 5.3:
1. Instal terlebih dahulu WordFIX PRO
2. Untuk memulainya, klik tombol Start
3. Berikutnya akan tampil kotak dialog untuk melakukan pemilihan file. Klik tombol Select File untuk memilih file MS Word yang corrupt
4. Pada kotak dialog Open, pilih file word yang hendak di recover
5. Klik Open
6. Setelah itu klik Recover
7. Jika sudah selesai, maka akan muncul kotak dialog summary yang menyatakan file tersebut berhasil di recover.
8. Untuk menyimpan file, klik Go to Save
9. Setelah itu ada penentuan output file format dan lokasi penyimpanan file
10. Klik Save jika sudah
11. Kalau sudah maka akan ada konfirmasi
12. Klik Open

Mengembalikan File dan Folder Terhapus

Untuk mengembalikan data atau file yang hilang tentunya banyak sekali tool yang bisa digunakan, salah satunya yaitu PC Inspector File Recovery.
• PC Inspector File Recovery
Alternative yang bisa digunakan dan tentunya freeware untuk mengembalikan data adalah PC Inspector File Recovery. Tool ini bisa dijalankan pada system operasi Windows 95, 98, ME, NT dan XP serta berjalan paad system partisi FAT 12/16/32 dan NTFS. Tool ini bisa anda download melalui situs http://www.convar.de. Untuk versi yang kita gunakan versi 4.0.
Berikut langka-langkah menggunakan PC Inspector File Recovery :
1. Kita anggap Anda sudah berhasil men-download dan menginstalnya di computer
2. Lalu jalankan program ini, seperti biasa klik Start > Programs > PC Inspertor File Recovery > PC Inspector File recovery.
3. Tampilan perdannya adalah penentuan bahasa yang digunakan misalnya pilih bahasa inggris (English).
4. Lalu klik √.
5. Selanjutnya akan tampil kotak dialog welcome to PC Inspector File Recovery. Di sana anda akna temukan tiga opsi yang bisa dipilih, yaitu Recovered deleted files, Find lost data, dan Find lost drive. Pilih opsi yang pertama atau Recovered deleted files.
6. Setelah itu akan muncul kotak dialog Drive. Tentukan drive mana yang akan dicari file atau foldernya. Jika sudah, Anda klik √.
7. Selanjutnya akan tampil file atau folder yang berhasil di-load atau di-recovery.
8. Klik kanan pada folder atau file yang hendak di-copy lalu klik Save to atau dengan mengklik ikon Save file/dorectory.
9. Berikutnya anda tentukan direktori untuk menyimpan file atau folder yang akan di-copy, misalnya kita simpan di My Document.
10. Jika sudah, klik √.

Sumber : https://freemattandgrace.com/