Cara Mengobati Ayam Yang Sakit

Cara Mengobati Ayam Yang Sakit

Cara Mengobati Ayam Yang Sakit

Cara Mengobati Ayam Yang Sakit
Cara Mengobati Ayam Yang Sakit

Pilihlah obat yang tepat untuk Mengobati ayam yang sakit kita harus mengetahui gejala-gejala yang timbul dari ayam yang terserang penyakit tersebut supaya obat yang diberikan tepat sasaran. Setelah kita mengetahui gejala-gejala tersebut baru kemudian kita menentukan jenis obat yang tepat baru kemudian kita melakukan langkah pengobatan.

Sebelum dilakukan pengobatan, ayam yang menunjukkan gejala terserang penyakit di pisahkan dari ayam yang lain,kecuali kita menginginkan ayam-ayam yang sehat tertular penyakit untuk kemudian peternakan kita digerogoti rayap yang berupa wabah penyakit dan pada akhir cerita peternakan kita ambruk gagal total.

Pemilihan jenis obat

Setiap obat memiliki efek yang berbeda dan spesifik pada tiap penyakit yang menyerang ayam kita. Oleh karena itu kita harus bisa memilih obat yang tepat supaya tidak terjadi pengobatan yang percuma. Supaya dapat menentukan jenis obat yang tepat untuk mengobati ayam yang sakit, kita harus mempunyai pengetahuan jenis-jenis antibiotic. Karena setiap antibiotic mempunyai kemampuan yang berbeda untuk membasmi setiap penyakit pada peternakan.

Rute Pengobatan

Rute pengobatan juga harus diperhatikan supaya obat benar-benar bisa mencapai sasaran organ atau lokasi kerja yang diinginkan. Untuk mengobati penyakit infeksi pernafasan rute parenteral atau injeksi menjadi pilihan yang terbaik. Apabila tidak ada ketersediaan obat untuk injeksi, maka pengobatan melalui oral atau di minumkan atau diteteskan pun bisa dilakukan. Dengan menerapkan rute pengobatan yang tepat maka kemungkinan obat rusak atau tereliminasi sebelum mencapai titik sasaran bisa diminimilasi.

Kadar atau Dosis

Kita pasti sering melihat lambang gelas yang dililit ular pada apotik. Itu maksudnya, obat bisa berfungsi sebagai pengobatan dan obat juga dapat berfungsi sebagai racun yang dapat mematikan. Oleh karena itu dalam mengobati ayam yang sakit kita harus memperhatikan dosis penggunaan obat yang sesuai dengan takaran. Tidak kurang dan tidak juga berlebihan. Apabila obat kurang dari dosis pemberian yang seharusnya,maka obat tidak akan mampu mencapai sasaran penyembuhan, dan apabila obat diberikan dalam dosis yang berlebihan, maka obat akan berubah fungsi menjadi racun yang dapat membunuh ayam- ayam kita.

Daya tahan obat di dalam tubuh

Daya tahan obat di dalam tubuh ayam memiliki waktu yang berbeda-beda. Pada beberapa jenis pengobatan ayam ada yang pemberiannya sehari dua kali ada juga yang pemberiannya sehari hanya satu kali. Karena setiap obat mempunyai kadar efektif yang berbeda dalam di darah ayam kita.

Mengobati ayam yang sakit tidak hanya mengikuti keinginan ego kita bahwa ayam kita harus secepat mungkin bisa sembuh. Tetapi kita juga harus tepat memilih obat dengan melihat gejala penyakit yang timbul, rute pengobatan yang tepat, dosis yang sesuai anjuran,dan lama pemberian obat.

Dengan memperhatikan hal-hal diatas, maka pengobatan pada ayam yang sakit akan lebih efektif karena dapat mencapai sasaran lokasi kerja yang diharapkan.

Semoga bermanfaat dan semoga sukses.

Baca juga artikel lainnya: