Beltim luncurkan “Joker Si PKH”, laman seputar info PKH

Beltim luncurkan “Joker Si PKH”, laman seputar info PKH

Beltim luncurkan Joker Si PKH, laman seputar info PKH

Pemerintah Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

meluncurkan laman Pojok Layanan Informasi Program Keluarga Harapan (Joker Si PKH) untuk memberikan informasi sekaligus pengaduan seputar bantuan PKH.

Inisiator Joker Si PKH dari Dinas Sosial Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Belitung Timur, Meza Desnita di Manggar, Selasa, mengatakan layanan tersebut untuk memudahkan warga terutama keluarga penerima manfaat (KPM) PKH dalam mengakses informasi.

“Di laman Joker SI PKH tersebut, warga juga bisa mengadukan jika ada bantuan yang salah sasaran, sebagai bagian dari keterbukaan informasi publik,” ujarnya.

Ia mengatakan, informasi mengenai aturan teknis PKH banyak

yang belum diketahui oleh masyarakat terutama Keluarga Penerima Manfaat. Bahkan saat dilakukan sosialisasi di tujuh kecamatan masih banyak perangkat desa yang belum memahaminya.

Baca juga: Kemensos mulai terapkan aplikasi e-PKH di Jawa Timur

“Kita juga akui masih ada suara-suara sumbang, dalam artian mungkin ada warga yang ingin memperkarakan bantuan ke penerima yang tidak layak. Hanya saja mereka masih bingung bagaimana caranya melaporkan, di laman inilah nanti wadahnya,” ungkap Meza.

Selain lewat laman Facebook, Dinsospemdes Belitung Timur juga akan menempelkan nama-nama keluarga penerima bantuan di papan pengumuman yang ada di setiap desa dan ruang publik.

“Data-data by name and addrees itu kita masukkan supaya masyarakat

bisa melihat dan mengevaluasi. Jika ada yang kurang tepat mereka bisa langsung memberikan tanggapan dan mengontrol agar data yang ada lebih tepat dan bantuan sosial tepat sasaran,” ujarnya.

Saat ini di Kabupaten Belitung Timur terdapat 2.639 Keluarga Penerima Manfaat bantuan PKH, program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada Keluarga Miskin dari Kemensos.

Tahun 2019 ini Kementerian Sosial juga akan menambah kuota menjadi 611 keluarga.*

 

Baca Juga :