Batu Akik Dipamerkan di Pasar Cimindi

Batu Akik Dipamerkan di Pasar Cimindi

Batu Akik Dipamerkan di Pasar Cimindi

Batu Akik Dipamerkan di Pasar Cimindi
Batu Akik Dipamerkan di Pasar Cimindi

CIMAHI-Forum Pedagang Pasar Tradisional Kota Cimahi

menggelar pameran batu akik di Lantai II Pasar Cimindi, Kota Cimahi, mulai tanggal 14 Februari sampai dengan tanggal 22 Februari 2015.

“Pameran batu akik ini merupakan yang pertama kali digelar di Kota Cimahi. Diikuti oleh 30 pedagang batu akik. Mereka berasal dari Kota Cimahi, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Bandung dan Kota Bandung,” kata Ketua Forum Pedagang Pasar Tradisional Kota Cimahi, Mumuh, Sabtu (14/2) kepada jabarprov.go.id.

Ronie, salah seorang peserta pameran dengan label Jarambah Gemstone

memamerkan aneka jenis batu ali yang sudah jadi dan siap pakai serta bahan bakunya berupa bongkahan-bongkahan batu beraneka warna dan mengkilap. Diantaranya, batu giok, kecubung, pyrus, kinyang, bajrat, sapir, wulung dan biduri.
Demikian juga peserta lainnya, yaitu Syarifudin dan Andi, pedagang Batu Akik dari Kelurahan Cigugur Tengah, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi.

“Ini batu akik darah, kalau istilah kerennya batu giok merah. Kalau ini batu dari Klawing Purbolinggo,” kata Andi sambil mununjukkan batu yang disebutkannya kepada para pengunjung meja pameran nomor 15.

Berdasarkan pantauan jabarprov.go.id, pameran yang digelar dengan fasilitas sederhana

itu dikunjungi ratusan akikmania atau penggemar batu ali. Para pengunjung pameran yang tertarik dengan batu ali yang dipamerkan para peserta, bisa langsung membeli. Harga batu ali yang ditawarkan dalam pameran tersebut, mulai dari Rp 20.000 sampai dengan ratusan ribu rupiah. Sedangkan harga batangnya saja, terbuat dari besi putih ditawarkan dengan harga Rp 50.000

 

Baca Juga :