Bagian II: Mengelola TI Global

Bagian II: Mengelola TI Global

Ø Manajemen TI Global

Manajemen TI global memiliki langkah awal yaitu mengembangkan strategi bisnis dan TI yang tepat untuk pasar global. Begitu hal tersebut dilakukan, pemakai akhir dan para manajer SI dapat berpindah ke pengembangan portofolio aplikasi bisnis yang dibutuhkan untuk mendukung strategi bisnis/  TI.

Ø Tantangan Budaya, Politik, dan Geoekonomi

o   Tantangan politik, tantangan yang terbesar adalah banyak negara yang memiliki peraturan, yang meregulasi atau melarang transfer data lintas batasnasional mereka terutama informasi personal seperti catatan pribadi.

o   Tantangan geoekonomi, dalam bisnis global dan TI merujuk pada pengaruh atas kenyataan ekonomi dalam aktivitas bisnis internasional.

o   Tantangan budaya, menghadapi bisnis global dan para manajer TI mema-sukkan berbagai perbedaan dalam bahasa, ketertarikan budaya, agama, kebiasaan, perilaku sosial, dan filosofi politik.

Ø Strategi Bisnis/TI Global

Perusahaan yang bergeser menuju strategi lintas negara yang meng-integrasikan aktivitas bisnis/TI global mereka melalui kerja sama dekat dan saling ketergantungan antara anak perusahaan mereka di seluruh dunia dengan kantor pusat perusahaan.

Ø Standar TI Global

Manajemen atas standar teknologi adalah dimensi lain dari manajemen TI global, yaitu mengelola hardware, software, sumber daya data, jaringan telekomunikasi, dan fasilitas komputasi yang mendukung operasi bisnis global. Tantangan utama TI global adalah mengelola jaringan komunikasi data internasional, termasuk internet, intranet, ekstranet, dan jaringan lainnya.

Ø Perkembangan Sistem Global

Mengetahui jumlah negara dan budaya yang menggunakan system e-business global merupakan tantangan dari mengelola perkembangan system global. Isu perkembangan sistem global lainnya yang penting berhubungan dengan standardisasi global tentang definisi data. Definisi data yang umum penting untuk berbagi data antarbagian dari bisnis internasional.

sumber :