40 Perguruan Tinggi Terbaik Dunia Hadir di International Education Expo 2019

40 Perguruan Tinggi Terbaik Dunia Hadir di International Education Expo 2019

40 Perguruan Tinggi Terbaik Dunia Hadir di International Education Expo 2019

40 Perguruan Tinggi Terbaik Dunia Hadir di International Education Expo 2019
40 Perguruan Tinggi Terbaik Dunia Hadir di International Education Expo 2019

ICAN Education Consultant kembali mengadakan kegiatan pameran pendidikan luar negeri

yang berlangsung selama dua hari di dua tempat yang berbeda, yakni pada Sabtu (4/5/2019) di Swiss Hotel PIK Avenue Pantai Indah Kapuk (PIK) Jakarta dan Mercure Hotel Alam Sutera Serpong, Minggu (5/5/2019).

Direktur ICAN Education Consultant, Kevin Putra Wangsa mengatakan terdapat 40 perguruan tinggi terbaik dunia yang terlibat dalam ajang International Education Expo 2019. Pameran pendidikan luar negeri ini merupakan ajang tahunan yang rutin diadakan ICAN Education Consultant sebagai salah satu wadah bagi para calon mahasiswa untuk melanjutkan jenjang pendidikan sarjana strata satu (S-1) juga pascasarjana (S-2) agar lebih memahami segala hal yang berkaitan dengan pendidikan luar negeri.

“International Education Expo 2019 ini kami selenggarakan untuk membantu siswa dan orangtua

yang ingin mendapat informasi tentang bagimana melanjutkan pendidikan di luar negeri. Mereka (siswa dan orangtua, Red) dapat berkomunikasi secara langsung dengan perwakilan dari perguruan tinggi luar negeri terkait dengan sistem pendidikannya, jurusan, fasilitas yang akan ditawarkan. Pokoknya bisa ditanya apa saja,” kata Kevin di Swiss Hotel PIK Avenue Pantai Indah Kapuk (PIK), Sabtu (4/5/2019).

Pameran pendidikan yang digelar ICAN Education Consultant.

Pameran yang berlangsung selama dua hari itu biasanya dihadiri kurang lebih 2.000 peserta.

Animo pengunjung terus meningkat. Pasalnya, selain mendapat informasi perguruan tinggi yang ingin dituju, para peserta juga berkesempatan mengikuti tes yang menjadi salah satu persyaratan untuk mendaftar di perguruan tinggi di luar negeri.

Selain perguruan tinggi terbaik, pameran pendidikan luar negeri ini juga mendatangkan institusi kejuruan atau sekolah tinggi kejuruan, seperti perhotelan, kuliner, dan lainnya. Pasalnya, banyak peserta yang ingin melanjutkan ke pendidikan vokasi tersebut.

Negara tujuan yang paling banyak diminati calon mahasiswa Indonesia adalah Malaysia, Singapura, Selandia Baru, Australia dan Inggris. Selain kelima negara tersebut, para mahasiswa Indonesia juga memilih melanjutkan pendidikan ke Amerika Serikat (AS), Italia, Swiss, Kanada, serta Tiongkok.

Program studi (prodi) paling banyak diminati adalah bisnis. Selain itu, menurut Kevin, sesuai dengan perkembangan zaman, banyak calon mahasiswa yang memilih untuk fokus pada prodi kekiniaan, seperti big data, aktuaria sains, aktivisual intelijen, internet of thing, hingga fashion design yang lebih spesifik.

“Di Indonesia untuk fashion masih umum ya, belum ada kampus yang spesifik. Sekarang banyak anak Indonesia yang mengambil konsentrasi tersebut. Mereka kebanyakan memilih Italia,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Kevin juga menjelaskan ICAN Education Consultant tidak hanya mendatangkan perguruan tinggi luar negeri, tetapi juga membantu calon mahasiswa mulai dari awal keberangkatan, seperti pembuatan visa, membuka buku rekening, hingga mencari tempat tinggal mahasiswa.

“Kami benar- benar memastikan mahasiswa ini aman. Jadi mulai dari keberangkatan hingga penjemputan kami masih mendampingi,” ujarnya.

Sebagai informasi, ICAN Education Consultant setiap tahun paling sedikit mendampingi 500 anak yang telah memastikan diri melanjutkan pendidikan tinggi di luar negeri. “Ya, tiap tahun kami tentu menargetkan sebanyak-banyaknya. Biasanya dari 2.000 pendaftar saat pameran, terdapat 500 lebih siswa yang memilih kuliah di luar negeri,” ujarnya.

 

Baca Juga :