4.881 Siswa SMA Di Ambon Ikut UN

4.881 Siswa SMA Di Ambon Ikut UN

4.881 Siswa SMA Di Ambon Ikut UN

4.881 Siswa SMA Di Ambon Ikut UN
4.881 Siswa SMA Di Ambon Ikut UN

Sebanyak 4.881 siswa Sekolah Menegah Atas (SMA) dan sederajat di Ambon,

Senin, mengikuti Ujian Nasional (UN) manual dan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang dilaksanakan pada 4- 7 April 2016.

Dari 40 sekolah negeri dan swasta di Ambon yang melaksanakan UN enam diantaranya melaksanakan UNBK yakni SMAN 1 Ambon, SMA Siwalima, SMKN1, SMK2, SMK3 dan SMK7.

Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy saat melakukan peninjauan di SMAN 1 Ambon menyatakan seluruh pelaksanaan UN di Ambon berjalan dengan baik dan mendapat pengawasan.

“Seluruh kepala sekolah telah melaporkan siap melaksanakan UN,

baik untuk manual maupun UNBK. Jadinya, saya optimis seluruh siswa dapat mengikuti ujian dengan baik,” katanya.

Menurut dia, pelaksanaan UNBK di Ambon tahun ajaran 2015/2016 merupakan yang pertama, walaupun baru enam sekolah setingkat SMA dan sederajat serta satu SMP, tetapi optimis semua dapat berlangsung dengan baik.

“Saya rasa ini hal yang positif karena ujian sistem online

peluang siswa untuk berlaku curang atau dibantu guru relatif kecil karena seluruhnya menggunakan komputer,” ujarnya.

Richard menyatakan, melalui sistem ini arahan menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) untuk mengedepankan integritas dapat terwujud melalui pelaksanaan UNBK.

“Sekolah yang masih melaksanakan UN manual juga perlu mengedepankan integritas. Percuma bila prestasi baik tetapi integritas rendah, karena pelaksanaan UN merupakan langkah pencapaian masa depan siswa,” katanya.

Ia mengakui, pihaknya selalu menekankan prestasi atau kualitas bukan kuantitas kelulusan siswa.

“Percuma jika kelulusan 100 persen tetapi dibantu guru atau siswa curang dengan menyontek untuk mendapatkan hasil yang baik. Namun, idealnya prestasi yang diperoleh berdasarkan kerja keras sehingga kualitas juga baik,” tandasnya.

Richard menambahkan, standar kelulusan UN tahun ajaran 2015/2016 ditentukan hasil ujian sekolah, sehingga yang perlu diperhatikan adalah kesiapan siswa.

“Kami mengimbau para siswa agar belajar dengan tekun karena ukuran berhasil tidaknya seseorang ditentukan dari diri kita sendiri,” tandasnya.

 

Sumber :

https://balikpapanstore.id/sejarah-g30s-pki/